Tsaltsa, Awani Arzakia and Mahmud, Mahmud (2023) Pengaruh faktor psikologis terhadap perilaku pembelian kompulsif (Studi kasus pembelian produk ponsel Apple pada mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro). Manajemen Kreatif Jurnal, 1 (1): 6. pp. 75-98. ISSN 2963-9638
2963-9638_1_1_2023-6.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (833kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji indikator psikologis yang dominan dari perilaku kompulsif seperti harga diri, pengendalian diri dan materialisme. Responden dalam penelitian ini berjumlah 101 orang, berdasarkan sebaran survei online selama 14 hari. Mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro yang membeli ponsel Apple berpartisipasi dalam survei ini. Non-probability sampling adalah metode pemilihan yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga diri dan materialisme berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pembelian kompulsif. Sedangkan pengendalian diri tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pembelian kompulsif.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Harga diri, Pengendalian diri, Materialisme, Perilaku pembelian kompulsif, Self-esteem, Self-control, Materialism, Compulsive shopping, iPhone (Smartphone) |
Subjects: | Administration & Management > Management Practice Economics and Business > Consumer Affairs |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 06:09 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 06:09 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/27148 |