Tri, Handayani (2023) Implementasi metode “sama sampiran beragam isi” untuk menggali potensi menulis pantun berdiferensiasi berbasis QR code. Brendo Edukasi, 1 (1): 7. pp. 87-98. ISSN 2986-8580
2986-8580_1_1_2023-7.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: (1) mendeskripsikan implementasikan metode masa besi untuk menggali potensi menulis pantun berdiferensiasi; (2) mengetahui keefektifan QR Code sebagai media publikasi untuk meningkatkankemampuan siswa dalam menulis pantun. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan suatu produk berdiferensiasi dengan langkah-langkah tertentu. Hasil produk yang dihasilkan adalah: (1) QR code pantun berbentuk cetak: (2) QR Code pantun berbentuk e-book; (3) QR Code pantun berbentuk video. Setelah dilakukan pengecekan tulisan ditemukan ada 3 orang siswa yang menulis sejumlah 60 pantun. 7 orang yang membuat 40-50 pantun, dan 5 orang menyelesaikan 10-30 pantun. Hal ini tidak menjadi permasalahan karena sesuai dengan konsep pembelajaran berdiferensiasi siswa berkembang dengan tahapan kognitifnya baik ditinjau dari segi kesiapan belajar, minat belajar, maupun profil belajar siswa. Hasil pantun siswa berbentuk QR Code sehingga produk yang dihasilkan yaitu 18 QR Code berbentuk e book ketikan file, 3 QR Code berbentuk tulisan manual, dan 2 QR Code berbentuk video pantun. QR Code ini bisa dibagikan melalui media sosial sekolah serta bisa diakses oleh pembaca baik siswa, guru, wali siswa maupun masyarakat umum.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Masa Besi, QR Code, Berdiferensiasi, Learning methods, Indonesian language, Writing skills, Pantun |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Language |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 05 Oct 2023 06:57 |
Last Modified: | 05 Oct 2023 06:57 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/26880 |