Determinan nilai perusahaan pada perusahaan konsumen primer

Rida Anisa, Permata and Ediwarman, Ediwarman (2023) Determinan nilai perusahaan pada perusahaan konsumen primer. Journal of Management and Business Review, 20 (1): 2. pp. 15-33. ISSN 1829-8176

[thumbnail of 1829-8176_20_1_2023-2.pdf]
Preview
Text
1829-8176_20_1_2023-2.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara kinerja keuangan (ROA), ukuran perusahaan dengan logaritma natural (LN) total aset serta struktur modal (DER) terhadap nilai perusahaan (PBV) di perusahaan barang konsumen primer. Populasi 92 perusahaan yang tercatat di BEI pada sektor industri barang konsumen primer yakni tahun 2016-2020. Selanjutnya dalam penelitian ini terdapat 58 perusahaan sebagai sampel dengan memanfaatkan metode purposive sampling. Jenis penelitian tergolong kedalam penelitian kuantitatif serta penerapan taraf signifikansi sebesar 5%. Dari hasil uji hipotesis serta analisis yang menggunakan teknik Analisis Regresi Data Panel, ditemukan bahwa kinerja keuangan dengan return on asset menyatakan berpengaruh positif dan signifikan untuk nilai perusahaan, ukuran perusahaan dengan LN (total aset) berpengaruh negatif dan signifikan untuk nilai perusahaan, dan struktur modal dengan debt to equity ratio berpengaruh positif dan signifikan untuk nilai perusahaan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kinerja keuangan, Ukuran perusahaan, Struktur modal; Nilai perusahaan, Finance performance, Firm size, Capital structure, Firm value, Return on asset, Debt to equity ratio
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Consumer Affairs
Economics and Business > Banking & Finance
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 14 Nov 2024 06:30
Last Modified: 14 Nov 2024 06:30
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/26621

Actions (login required)

View Item
View Item