Dewi Ratih, Nurcahyani and Rifki, Renaldi (2023) Analisis efektivitas iklan pada media YouTube: studi kasus pada iklan Gojek. Journal of Management and Business Review, 20 (1): 1. pp. 1-14. ISSN 1829-8176
1829-8176_20_1_2023-1.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
Abstract
Kehadiran media sosial yang dapat mendongkrak keberhasilan suatu promosi secara mudah, cepat dan murah. Perusahaan berlomba-lomba memaksimalkan pemasaran digital ini, salah satunya adalah Gojek. Strategi pemasaran digital Gojek yang sedang berjalan saat ini difokuskan pada pemasaran video melalui media sosial, khususnya YouTube. Iklan Gojek di YouTube lebih sering dan kreatif daripada iklan pesaing. Namun, dalam beberapa tahun terakhir brand Gojek mengalami penurunan yang cukup signifikan. Pentingnya menghitung efektivitas periklanan untuk evaluasi. Penelitian ini membahas faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas iklan Gojek pada aplikasi YouTube secara analitis. Regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS versi 23.0 merupakan alat ukur dari penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus daya tarik dan kesan iklan pada ketiga variabel analisis berpengaruh positif dan signifikan, sedangkan variabel nilai pesan iklan tidak berpengaruh signifikan positif terhadap efektivitas iklan. Oleh karena itu, agar sukses dalam beriklan, Gojek harus lebih fokus pada berbagai faktor daya tarik dan frekuensi iklannya.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai pesan, Daya tarik iklan, Frekuensi penayangan, Efektivitas iklan, Advertising, Social media, YouTube |
Subjects: | Economics and Business Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics Economics and Business > Consumer Affairs |
Depositing User: | - Rulina Rahmawati |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 05:19 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 05:19 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/26619 |