Mensinergikan pengembangan green house sebagai media pembelajaran dan program adiwiyata di MIN 2 Jember

Bahar, Agus Setiawan and Tri, Endang Jatmikowati (2022) Mensinergikan pengembangan green house sebagai media pembelajaran dan program adiwiyata di MIN 2 Jember. Mafaza: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2 (2): 2. pp. 9-16. ISSN 2809-5650

[thumbnail of 2807-8586_2_2_2022-2.pdf]
Preview
Text
2807-8586_2_2_2022-2.pdf - Published Version

Download (405kB) | Preview

Abstract

Mengintegrasikan pembelajaran dengan sarana media yang tepat dapat mendorong proses pencapaian kompetensi siswa secara maksimal. Pengembangan kompetensi siswa tidak hanya mencakup aspek kognitif, namun juga ranah afektif dan psikomotorik. Salah satu sarana yang dapat difungsikan dan dimanfaatkan dalam proses kegiatan belajar mengajar adalah green house. Berdasarkan konteks tersebut perlu adanya pengembangan green house di MIN 2 Jember, yang difungsikan sebagai sarana media pembelajaran bagi siswa dan guru. Pengembangan green house disisi lain juga dapat disinergikan dengan program adiwiyata dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan perilaku peduli lingkungan di tingkat sekolah pada warga sekolah secara keseluruhan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan membuat green house yang dikonstruksi dan dipersiapkan sebagai sarana media alternatif yang dapat difungsikan oleh guru dan siswa untuk kegiatan belajar mengajar.Hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian, pembuatan green house dapat direalisasikan dengan luas lebih kurang 50 meter persegi, dengan konstruksi kerangka bangunan menggunakan bambu hitam untuk menonjolkan sisi “go green” selaras dengan program adiwiyata yang diikuiti oleh MIN 2 Jember. Proses pembuatan green house membutuhkan waktu selama lima hari terkendala faktor hujan, dari estimasi waktu rencana selama 3 hari. Proses finishing pada bagian luar ditutup dengan paranet, sedangkan atap menggunakan dua jenis spandex, yaitu transparan dan non transparan. Penggunaan dua jenis bahan ini dengan pertimbangan konstruksi atap dapat mengurangi hawa panas yang masuk ke dalam green house sehingga dapat menimbulkan rasa kurang nyaman yang dirasakan oleh siswa dan guru ketika kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media, Pembelajaran, Sarana, Learning media, Islamic education, Secondary school students, Learning processes, Green house
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rahmahwati -
Date Deposited: 13 Aug 2024 08:15
Last Modified: 13 Aug 2024 08:15
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/25163

Actions (login required)

View Item
View Item