Oktavia, Adela Lumandung and Jhon, R. Wenas and Anetha, L. F. Tilaar (2022) Model pembelajaran make a match pada materi sistem persamaan linear dua variabel di SMP Negeri 2 Tatoareng. Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 1 (4). pp. 156-165. ISSN 2962-0864
2962-0864_1_4_2022-17.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penerapan model pembelajaran yang tepat pada pembelajaran sangatlah berpengaruh dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Pada penelitian ini difokuskan pada peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada materi SPLDV. Penelitian ini mengambil subjek kelas VIII SMP Negeri 2 Tatoareng yang terdiri dari 15 siswa sebagai kelas eksperimen. Kemudian data dikumpul berdasarkan hasil tes akhir setelah perlakuan diberikan pada subjek penelitian. Penelitian ini juga melakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas dimana didapatkan hasil yang data yang normal dan homogen, serta dilanjutkan dengan pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Hasil diperoleh bahwa t-hitung = 1,941 dan t-tabel = 1,710 dengan taraf nyata yang digunakan adalah 0,05. Kesimpulan yang diperoleh adalah hasil belajar siswa yang menggunakan model kooperatif tipe make a match lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar yang menggunakan model konvensional, sehingga model make a match cocok untuk digunakan dalam pembelajaran SPLDV
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran, Kooperatif, Tipe make a match, SPLDV, Learning methods, Secondary education, Linear equations Cooperative learning |
Subjects: | Mathematical Sciences Social and Political Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Ni Nyoman Mei Antari |
Date Deposited: | 08 Aug 2024 02:12 |
Last Modified: | 08 Aug 2024 02:12 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/25032 |