Dollydia, Mart Sasauw and James, U. L. Mangobi and Vivian, E. Regar (2022) Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matriks pada kelas XI SMA Negeri 2 Tondano. JPBB: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 1 (4). pp. 89-102. ISSN 2962-0864
2962-0864_1_4_2022-12.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (1MB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matriks pada kelas XI SMA Negeri 2 Tondano di mulai dari yang berkemampuan tinggi, berkemampuan sedang, dan berkemampuan rendah di lihat berdasarkan kesalahan konsep, prinsip dan operasi sebagai acuan belajar. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian Deskriptif Kualitatif dengan menggunakan metode Triangulasi di mana instrumen utamanya adalah peneliti itu sendiri di sertai dengan instrumen pelengkap yang terdiri dari (tes 3 butir soal dan wawancara). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Tondano, yang berada di Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara, pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA dan telah mempelajari materi matriks. Dari penelitian ini, diperoleh hasil yaitu siswa yang berkemampuan tinggi (T) hanya memiliki tingkat kesalahan yang kecil berupa kesalahan operasi pada 1 soal saja (kurang teliti), siswa yang berkemampuan sedang (S) memiliki kesalahan konsep dan prinsip sedangkan siswa yang berkemampuan rendah (R) memiliki banyak kesalahan konsep, prinsip dan juga operasi.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesalahan, Kemampuan, Matriks, Upper secondary education, Secondary school students, Matrix, Matrixs (mathematics) |
Subjects: | Mathematical Sciences Social and Political Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Ni Nyoman Mei Antari |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 06:39 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 06:39 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/24975 |