Suci Kirani, Putri and Kirana Widyadhana, Rachman and M Afrizal, Maulana (2022) Strategi komunikasi pengusaha Pasar Baru Trade Centre Bandung dalam menghadapi maraknya pengusaha UMKM online. Jurnal Manajemen Kompeten, 5 (2): 6. pp. 73-79. ISSN 2621-5381
2621-5381_5_2_2022-6.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
Abstract
Teknologi berkembang secara cepat dan sudah memasuki era revolusi 4.0, salah satu efek dari era ini adalah proses jual beli. Para pengusaha besar dan kecil (UKM) saat ini banyak yang menggunakan dua sistem dalam kegiatan usahanya yaitu offline dan online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi yang digunakan UMKM di tengah maraknya online shop. Tipe penelitian menggunakan pendekatan kualitatif- deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara dengan 4 (empat) pelaku UMKM Pasar Baru Trade Center Bandung. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi komunikasi yang digunakan UMKM di Pasar Baru Trade Center Bandung adalah personal selling dan direct marketing serta memperhatikan unsur marketing mix 7P. Para pengusaha saat ini memang mengalami penurunan akibat dari banyaknya pengusaha online dan strategi komunikasi yang digunakan hanya mempromosikan secara langsung. Sebaiknya para pelaku UMKM mulai beradaptasi dengan perkembangan teknologi saat ini dan tetap memperhatikan strategi komunikasi yang digunakan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi komunikasi pemasaran, UMKM, Minat beli konsumen, Small scale enterprises, Consumer behavior, Marketing techniques |
Subjects: | Administration & Management > Management Practice Economics and Business Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics Economics and Business > Consumer Affairs |
Depositing User: | - Rulina Rahmawati |
Date Deposited: | 26 Jul 2024 07:04 |
Last Modified: | 26 Jul 2024 07:04 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/24849 |