Pengaruh produk dan harga terhadap peningkatan penjualan buku pada PT. Penerbit Erlangga: studi kasus konsumen di Sekayu

Ropal, Tores and Yeni, Marsih and Rumbiati, Rumbiati (2022) Pengaruh produk dan harga terhadap peningkatan penjualan buku pada PT. Penerbit Erlangga: studi kasus konsumen di Sekayu. Jurnal Manajemen Kompeten, 5 (2): 4. pp. 38-51. ISSN 2621-5381

[thumbnail of 2621-5381_5_2_2022-4.pdf]
Preview
Text
2621-5381_5_2_2022-4.pdf - Published Version

Download (384kB) | Preview

Abstract

PT. Penerbit Erlangga merupakan salah satu penerbit buku-buku mata pelajaran dari tingkat pendidikan SD, SMP, SMA bahkan hingga Perguruan Tinggi. Harga yang relatif lebih mahal dibanding produk dari penerbit lain menimbulkan penurunan dalam penjualan. Kelengkapan isi buku juga menjadi salah satu pertimbangan konsumen dalam membeli buku PT. Penerbit Erlangga. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh produk dan harga terhadap peningkatan buku PT. Penerbit Erlangga. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah konsumen yang membeli buku PT. Erlangga di Sekayu. Waktu penelitian dilakukan pada bulan September 2021 hingga November 2021. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara kepada beberapa konsumen PT. Penerbit Erlangga, untuk menggali informasi mengenai 1) Kelengkapan Isi, 2) Harga, dan 3) Strategi Penjualan Buku Pt. Penerbit Erlangga. Hasil penelitian menemukan bahwa konsumen PT. Penerbit Erlangga di Sekayu membeli buku dari Penerbit Erlangga dengan pertimbangan kelengkapan produk yang lebih dibandingkan produk dari penerbit lain. Selain itu harga yang ditawarkan juga menjadi pertimbangan, karena dengan harga yang lebih mahal sedikit tapi konsumen bisa mendapatkan buku dengan isi materi yang lengkap dibanding dari penerbit lain. PT. Penerbit Erlangga juga menjalin kerjasama dengan pihak-pihak terkait seperti pihak sekolah maupun Dinas-Dinas terkait untuk mempromosikan produknya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Produk, Harga, Peningkatan penjualan, Prices, Sales management, Products
Subjects: Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics
Economics and Business > Consumer Affairs
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 26 Jul 2024 06:12
Last Modified: 26 Jul 2024 06:12
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/24842

Actions (login required)

View Item
View Item