Hasya Nindi, Fadillah and Feni, Desvianda and M Afrizal, Maulana (2022) Strategi komunikasi pemasaran street food di Jalan Lengkong Kecil Kota Bandung dalam menarik perhatian pengunjung. Jurnal Manajemen Kompeten, 5 (2): 3. pp. 30-37. ISSN 2621-5381
2621-5381_5_2_2022-3.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
Abstract
Street food menjual makanan dan minuman, menyiapkan, dan menyajikannya di pinggir jalan atau tempat umum lainnya untuk dikonsumsi segera atau beberapa saat. Melalui street food membantu mengembangkan usaha kecil dengan investasi modal yang sangat rendah. Banyak ditemukan street food di Kota Bandung, namun hanya beberapa yang dikenal oleh masyarakat, hal ini karena kurangnya komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk menggali strategi komunikasi pemasaran street food di Jalan Lengkong Kecil Kota Bandung. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Subjek penelitian adalah pedagang street food di Jalan Lengkong Kecil Kota Bandung. Waktu penelitian dilakukan pada bulan September 2022 hingga Desember 2022. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara kepada beberapa pedagang dan pengurus street food Jalan Lengkong Kecil Kota Bandung, untuk menggali informasi mengenai 1) History, 2) Kondisi, dan 3) Strategi. Hasil penelitian menemukan bahwa pedagang dan pengunjung street food di Jalan Lengkong Kecil Kota Bandung saling bekerjasama untuk untuk mempromosikan street food tersebut, agar dapat lebih dikenal oleh masyarakat, seperti dengan melakukan promosi di media sosial, merekomendasikan ke teman, dan membuat inovasi agar street food tersebut tetap ramai pengunjung. Temuan ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang ada di street food Jalan Lengkong Kecil Kota Bandung telah dilakukan dengan baik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Marketing communication strategy, Lengkong kecil street, Street food, Marketing techniques, Promotion |
Subjects: | Administration & Management > Management Practice Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics Economics and Business > Consumer Affairs |
Depositing User: | - Rulina Rahmawati |
Date Deposited: | 26 Jul 2024 06:20 |
Last Modified: | 26 Jul 2024 06:20 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/24839 |