Strategi komunikasi pemasaran street food di Jalan Lengkong Kecil Kota Bandung dalam menarik perhatian pengunjung

Hasya Nindi, Fadillah and Feni, Desvianda and M Afrizal, Maulana (2022) Strategi komunikasi pemasaran street food di Jalan Lengkong Kecil Kota Bandung dalam menarik perhatian pengunjung. Jurnal Manajemen Kompeten, 5 (2): 3. pp. 30-37. ISSN 2621-5381

[thumbnail of 2621-5381_5_2_2022-3.pdf]
Preview
Text
2621-5381_5_2_2022-3.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview

Abstract

Street food menjual makanan dan minuman, menyiapkan, dan menyajikannya di pinggir jalan atau tempat umum lainnya untuk dikonsumsi segera atau beberapa saat. Melalui street food membantu mengembangkan usaha kecil dengan investasi modal yang sangat rendah. Banyak ditemukan street food di Kota Bandung, namun hanya beberapa yang dikenal oleh masyarakat, hal ini karena kurangnya komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk menggali strategi komunikasi pemasaran street food di Jalan Lengkong Kecil Kota Bandung. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Subjek penelitian adalah pedagang street food di Jalan Lengkong Kecil Kota Bandung. Waktu penelitian dilakukan pada bulan September 2022 hingga Desember 2022. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara kepada beberapa pedagang dan pengurus street food Jalan Lengkong Kecil Kota Bandung, untuk menggali informasi mengenai 1) History, 2) Kondisi, dan 3) Strategi. Hasil penelitian menemukan bahwa pedagang dan pengunjung street food di Jalan Lengkong Kecil Kota Bandung saling bekerjasama untuk untuk mempromosikan street food tersebut, agar dapat lebih dikenal oleh masyarakat, seperti dengan melakukan promosi di media sosial, merekomendasikan ke teman, dan membuat inovasi agar street food tersebut tetap ramai pengunjung. Temuan ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang ada di street food Jalan Lengkong Kecil Kota Bandung telah dilakukan dengan baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Marketing communication strategy, Lengkong kecil street, Street food, Marketing techniques, Promotion
Subjects: Administration & Management > Management Practice
Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics
Economics and Business > Consumer Affairs
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 26 Jul 2024 06:20
Last Modified: 26 Jul 2024 06:20
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/24839

Actions (login required)

View Item
View Item