Pengembangan metode optimalisasi titik awal pemasangan keramik sebagai upaya pengendalian sisa material konstruksi

Sunaryo, Sunaryo and Fitri, Nugraheni and Tri, Nugroho Sulistyantoro (2023) Pengembangan metode optimalisasi titik awal pemasangan keramik sebagai upaya pengendalian sisa material konstruksi. In: Proceeding Civil Engineering Research Forum.

[thumbnail of 2962-2697_2_2_2023-17.pdf]
Preview
Text
2962-2697_2_2_2023-17.pdf

Download (701kB) | Preview

Abstract

Perencanaan bangunan Rumah Sakit XYZ Kabupaten Batang mempunyai persentase pekerjaan ubin keramik yang besar dibandingkan dengan item pekerjaan lainnya. Beban kerja yang besar memerlukan sumber daya yang besar dan risiko yang menyertainya (risiko penundaan, risiko biaya, dan risiko kualitas). Dalam penelitian ini ditentukan beberapa skenario titik awal pemasangan ubin keramik berdasarkan gambar teknik detail, kemudian dari titik awal tersebut dihitung material terbuang untuk menentukan titik awal pemasangan penutup lantai yang paling efisien. Material yang terbuang dihitung dengan menggunakan metode plotting drawing berskala. Selain menghitung material yang terbuang, juga dihitung waktu dan biaya untuk setiap skenario titik awal pemasangan. Hasil penelitian ini diperoleh sebagai titik awal pembuatan keramik dimulai dari daerah siku ruangan yang mempunyai sisi paling panjang dan hampir selalu mempunyai bahan sisa yang sedikit. Pola ini terjadi karena ubin keramik yang dipotong hanya dua sisinya saja dan tidak terjadi pada dua sisi lainnya. Hasil penelitian lainnya adalah terdapat pola hubungan apabila jumlah material yang terbuang bernilai tinggi maka jumlah anggaran yang terbuang akan mengikuti, sedangkan tidak terdapat pola hubungan antara jumlah material yang terbuang dengan lama pekerjaan. , sehingga denah yang sisa bahannya paling sedikit dan juga waktu tercepat tidak dapat dipilih.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Bahan limbah, Metode optimasi, Pekerjaan ubin, Bahan bangunan, Bahan konstruksi. Waste materials, Optimization methods, Building materials.
Subjects: Civil Engineering
Building Industry Technology > Structural Analyses
Building Industry Technology > Construction Materials, Components, & Equipment
Depositing User: - Anneke -
Date Deposited: 14 Nov 2023 04:53
Last Modified: 14 Nov 2023 04:53
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/24241

Actions (login required)

View Item
View Item