Pengaruh nilai pelanggan, kepercayaan konsumen dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen e-commerce lazada di wilayah Kota Bekasi

Nur, Syeha Rahmawati and Franciscus, Dwikotjo Sri Sumantyo and Hapzi, Ali (2023) Pengaruh nilai pelanggan, kepercayaan konsumen dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen e-commerce lazada di wilayah Kota Bekasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Penelitian Terapan, 1 (1): 5. pp. 40-53. ISSN 2964-9579

[thumbnail of 2964-9579_1_1_2023-5.pdf]
Preview
Text
2964-9579_1_1_2023-5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (683kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besarkah Pengaruh Nilai Pelanggan, Kepercayaan Konsumen, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen E-commerce Lazada di Wilayah Kota Bekasi. Dasar penelitian ini menggunakan 203 responden untuk digunakan sebagai sampel dalam penelitian, dimana dalam penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan penyebaran kuesioner kepada konsumen Lazada di Kota Bekasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS) dan Uji Hipotesis. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program software SmartPLS 3.0. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa dalam uji hipotesis variabel Nilai Pelanggan berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Konsumen dengan nilai sig 0.041 < 0.05 dan Tstatistik 2.054, hasil tersebut dinyatakan bahwa Tstatistik > 1.96. Dan variabel Kepercayaan Konsumen berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Konsumen dengan nilai sig 0.005 < 0.05 dan Tstatistik 2.809, hasil tersebut dinyatakan signifikan karena Tstatistik > 1.96. Lalu ada variabel Kualitas Pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Konsumen dengan nilai sig 0.000 > 0.05 dan T statistik 4.741, hasil tersebut dinyatakan bahwa Tstatistik > 1.96. Berdasarkan hasil perhitungan menunjukan bahwa nilai pelanggan, kepercayaan konsumen dan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai R Square sebesar 0.635. Ini menujukan bahwa semakin tinggi nilai pelanggan, kepercayaan konsumen dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen akan semakin baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Nilai pelanggan, Kepercayaan konsumen, Kualitas pelayanan, Kepuasan konsumen, Consumer satisfaction, Quality or services, Electronic commerce, Lazada
Subjects: Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics
Economics and Business > Consumer Affairs
Depositing User: Syifa Naufal Qisty
Date Deposited: 19 Apr 2024 09:36
Last Modified: 19 Apr 2024 09:36
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/24211

Actions (login required)

View Item
View Item