Pengaruh harga, promosi dan tempat terhadap keputusan pembelian pada Toko Tekno Sport di Bumi Sani Kabupaten Bekasi

Yudha, Dwi Firmansyah and Franciscus, Dwikotjo Sri Sumantyo and Hapzi, Ali (2023) Pengaruh harga, promosi dan tempat terhadap keputusan pembelian pada Toko Tekno Sport di Bumi Sani Kabupaten Bekasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Penelitian Terapan, 1 (1): 3. pp. 16-30. ISSN 2964-9579

[thumbnail of 2964-9579_1_1_2023-3.pdf]
Preview
Text
2964-9579_1_1_2023-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (611kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui secara simultan dan parsial dari variabel bebas yaitu Harga, Promosi dan Tempat, variabel terikat yaitu Keputusan Pembelian. Penelitian ini dilakukan di wilayah Kabupaten Bekasi yaitu konsumen yang menggunakan produk toko tekno sport. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan atau yang pernah membeli produk toko tekno sport di wilayah kabupaten bekasi yang berjumlah tidak diketahui dengan sampel 203 responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Partial Least Square dan Uji Hipotesis. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program software SmartPLS 3.0. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa dalam uji hipotesis variabel Harga tidak berpengaruh dan tidak signifikan karena nilai sig 0.759 > 0.05 dan Tstatistik 0.307, maka dikatakan berpengaruh negatif. Variabel Promosi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai sig 0.002 < 0.05 dan Tstatistik 3.045, hasil tersebut dinyatakan signifikan karena Tstatistik > 1.97. Lalu ada variabel Tempat berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai sig 0.005 < 0.05 dan Tstatistik 2.831, hasil tersebut dinyatakan signifikan karena Tstatistik > 1.97. Berdasarkan hasil perhitungan menunjukan bahwa harga, promosi dan tempat berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai R Square sebesar 0.923. Ini menujukan bahwa semakin tinggi harga, promosi dan tempat terhadap keputusan pembelian akan semakin baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Harga, Promosi, Tempat, Keputusan pembelian, Make-or-buy decision, Prices, Promotion
Subjects: Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics
Depositing User: Syifa Naufal Qisty
Date Deposited: 19 Apr 2024 07:18
Last Modified: 19 Apr 2024 07:18
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/24209

Actions (login required)

View Item
View Item