Peningkatan budaya literasi dasar melalui pojok baca MI Roudlatul Ulum Cendekia Bantur

Dimas, Aldi Sallam and Sumarno, Aziz and Salim, Salim and Nanik, Ulfa (2022) Peningkatan budaya literasi dasar melalui pojok baca MI Roudlatul Ulum Cendekia Bantur. Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 2 (1): 9. pp. 63-69. ISSN 2798-172X

[thumbnail of 2798-172X_2_1_2022-9.pdf]
Preview
Text
2798-172X_2_1_2022-9.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (442kB) | Preview

Abstract

Literasi merupakan salah satu budaya yang harus diterapkan dalam dunia guruan, terutama pada tingkat SD/ MI. Literasi atau membaca perlu dibiasakan, merupakan proses membuat sesuatu yang menjadikan seseorang terbiasa, dalam kaitannya metode pengajaran dapat dikatakan pembiasaan adalah sebuah cara yang dapat dilakukan untuk membiasakan siswa berfikir. Budaya literasi yang tertanam pada siswa mempengaruhi tingkat keberhasilan dan kemampuan siswa untuk memahami informasi analitis, kritis, dan reflektif. Fungsi pojok baca adalah untuk membiasakan siswa dalam peningkatan budaya literasi, selain itu diharapkan dapat mengurangi kegaduhan pada saat istirahat atau juga dapat menjadi alternative metode pembelajaran yang digunakan oleh guru pada proses pembelajaran. Jenis literasi yang dipilih dalam kegiatan ini adalah literasi dasar, dalam pembuatan pojok baca mengacu pada prinsip-prinsip literasi diantaranya prinsip berimbang, pentingnya bahasa lisan, berlangsung pada suatu kurikulum, pentingnya keberagaman. Dengan adanya pojok baca di MI Roudlatul Ulum Cendekia diharapkan dapat meningkatkan budaya literasi yang telah dibangun sebelumnya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Literasi dasar, Pojok baca, School children
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 20 Dec 2023 07:55
Last Modified: 20 Dec 2023 07:55
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23631

Actions (login required)

View Item
View Item