Pembuatan video pembelajaran melalui Powerpoin bagi pendidik SD Muhammadiyah 3 Wage Sidoarjo

Budi, Tri Cahyono and Bachtiar, Hariyadi (2021) Pembuatan video pembelajaran melalui Powerpoin bagi pendidik SD Muhammadiyah 3 Wage Sidoarjo. Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 1 (2): 1. pp. 40-46. ISSN 2798-172X

[thumbnail of 2798-172X_1_2_2021-1.pdf]
Preview
Text
2798-172X_1_2_2021-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (522kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi pada masa pandemic covid-19 mengharuskan pendidik dalam proses pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi komputer. Siswa diharapkan dapat memperoleh informasi dari berbagai sumber termasuk dari guru, sehingga guru dituntut untuk dapat membimbing siswa mampu memperoleh informasi dengan baik. Informasi yang diperoleh siswa dalam pembelajar diantaranya adalah pengetahuan. Pengetahuan yang berupa logika dan fisik tidak dapat ditransfer secara utuh dari pikiran guru kepikiran siswa. Penggunaan media pembelajaran power point interaktif untuk membuat media pembelajaran video masih belum di maksimalkan oleh pendidik dan tenaga kependidikan di lingkungan Perguruan Muhammadiyah Ranting Wage, Pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan guru untuk membuat video pembelajaran bagi kebutuhan siswa didiknya. Pelatihan ini diikuti oleh 20 guru SDN Muhammadiyah 3 “Ïkrom” Wage Sidoarjo dengan materi pembuatan video pembelajaran menggunakan power point, Ketika selesai pelatihan diadakan evaluasi, dan diberikan pendampingan untuk melihat penerapan dan ketercapaian dari pelatihan dalam pembuatan media pembelajaran.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, PowerPoint interaktif, Video
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 18 Dec 2023 07:20
Last Modified: 18 Dec 2023 07:20
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23511

Actions (login required)

View Item
View Item