Pengaruh kualitas layanan dan pemanfaatan teknologi terhadap kepuasan dan loyalitas pengguna Indihome di Indonesia

Indra, Gunawan and Moses, Lorensius Parlinggoman Hutabarat (2022) Pengaruh kualitas layanan dan pemanfaatan teknologi terhadap kepuasan dan loyalitas pengguna Indihome di Indonesia. Indonesian Marketing Journal, 2 (1): 5. pp. 69-86. ISSN 2776-6004

[thumbnail of 2776-6004_2_1_2022-5.pdf]
Preview
Text
2776-6004_2_1_2022-5.pdf - Published Version

Download (438kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat loyalitas pelanggan Indihome. Untuk memenuhi tujuan, penelitian ini menguji pengaruh kualitas layanan dan pemanfaatan teknologi terhadap loyalitas pelanggan yang dimediasi oleh variabel kepuasan pelanggan. Teknik pengambilan pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampel non-probability sampling yaitu purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 250 orang. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah kuesioner melalui Google Form yang terdiri dari 21 indikator. Pengujian terhadap kuesioner dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas. Selanjutnya, alat yang digunakan dalam analisis data adalah PLS-SEM dengan program SmartPLS 3.0. Terdapat 7 hipotesis dalam penelitian ini yaitu: (1) Kualitas Layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan; (2) Pemanfaatan Teknologi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan; (3) Kepuasan Pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan; (4) Kualitas Layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan; (5) Pemanfaatan Teknologi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan; (6) Kepuasan Pelanggan memediasi secara positif dan signifikan hubungan Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan; (7) Kepuasan Pelanggan memediasi secara positif dan signifikan hubungan Pemanfaatan Teknologi terhadap Loyalitas Pelanggan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kualitas Layanan, Pemanfaatan teknologi, Kepuasan pelanggan, Loyalitas pelanggan, Service quality, Consumer satisfaction, Customer loyalty
Subjects: Administration & Management > Management Practice
Economics and Business > Consumer Affairs
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 18 Dec 2023 06:41
Last Modified: 18 Dec 2023 06:41
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23480

Actions (login required)

View Item
View Item