Tingkat stres dan faktor-faktor penyebab stres pada staf kontraktor

Agustinus, Christian Godeberta and Andi, Andi and Jani, Rahardjo (2023) Tingkat stres dan faktor-faktor penyebab stres pada staf kontraktor. Dimensi Utama Teknik Sipil, 10 (1): 1. pp. 1-19. ISSN 2656-3312

[thumbnail of 2656-3312_10_1_2023-1.pdf]
Preview
Text
2656-3312_10_1_2023-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Karakteristik dari proyek konstruksi dan tuntutan dari berbagai pihak dapat menyebabkan staf kontraktor mengalami banyak tekanan. Apabila hal itu terjadi secara terus menerus, orang tersebut dapat mengalami stres. Stres merupakan respon yang berbahaya dari seorang, baik secara fisik maupun emosional. Kondisi ini juga dapat berdampak buruk/negatif pada staf kontraktor, contohnya menurunnya produktivitas dan kepuasan kerja. Penelitian ini menganalisis tingkat stres serta faktor-faktor penyebabnya pada staf kontraktor. Target responden berupa staf kontraktor yang bekerja secara langsung pada lokasi proyek di Surabaya dan sekitarnya. Data tersebut dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan structural equation modeling-partial least square (SEM-PLS). Hasil dari pengolahan data menunjukkan bahwa staf kontraktor mengalami tingkat stres subjektif yang tergolong sedang dan tingkat stres objektif yang tergolong sangat rendah. Sementara, faktor-faktor penyebab stres yang memiliki nilai mean yang paling tinggi adalah beban kerja berlebihan dan birokrasi dari organisasi. Sedangkan, hasil pengujian SEM-PLS menunjukkan ada enam hubungan yang signifikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Tingkat stres, Faktor-faktor penyebab stres, Staf kontraktor, Analisis structural equation modeling-partial least square (SEM-PLS)
Subjects: Civil Engineering
Medicine & Biology > Psychiatry
Depositing User: - Anneke
Date Deposited: 16 Feb 2024 05:34
Last Modified: 16 Feb 2024 05:34
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23042

Actions (login required)

View Item
View Item