Pengaruh citra merek, kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian indomie pada konsumen Maximart Thamrin Plaza Medan

Chrisjunian, Chrisjunian and Gultom, Robinhot and Lubis, Tya Wildana Hapsari (2023) Pengaruh citra merek, kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian indomie pada konsumen Maximart Thamrin Plaza Medan. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil : JWEM, 13 (1): 4. pp. 33-43. ISSN 2088-9607

[thumbnail of 2088-9607_13_1_2023-4.pdf]
Preview
Text
2088-9607_13_1_2023-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (215kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Citra Merek, Kualitas produk, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian produk mi instan merek Indomie pada konsumen hypermarket Maximart Thamrin Plaza Medan. Teknik yang digunakan di dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling yang dilakukan dengan meyebarkan kuesioner secara online menggunakan google form terhadap 100 sampel yaitu konsumen hypermarket Maximart Thamrin Plaza Medan yang sudah pernah melakukan pembelian terhadap produk mi instan merek Indomie. Dalam penelitian ini, teknik analisis data yang dipakai adalah regresi linear berganda. Hasil uji secara parsial (Uji t) menunjukkan bahwa Citra Merek dan Harga memiliki dampak terhadap Keputusan Pembelian. Meskipun begitu, Kualitas Produk dan Promosi tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian produk mi instan merek Indomie di hypermarket Maximart Thamrin Plaza Medan. Selanjutnya hasil secara simultan (Uji F) menunjukkan bahwa keempat variabel independen (Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, dan Promosi) berpengaruh terhadap variabel dependen (Keputusan Pembelian). Adjusted R2 menunjukkan bahwa variabel Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, dan Promosi mampu menjelaskan variabel Keputusan Pembelian sebesar 61% dan sisanya sebesar 39% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Citra merek, Kualitas produk, Harga, Promosi, Keputusan pembelian, Quality of products, Prices, Brand image, Make-or-buy decision, Promotions
Subjects: Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics
Economics and Business > Consumer Affairs
Depositing User: - Annisa -
Date Deposited: 01 Feb 2024 06:20
Last Modified: 01 Feb 2024 06:20
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22742

Actions (login required)

View Item
View Item