Wulan, Yuliyana and Cici, Rengganis and Adi, Suparwo (2023) Pengaruh corporate image dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT POS Indonesia Kantor Cabang Cimahi. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil : JWEM, 13 (1): 2. pp. 10-18. ISSN 2088-9607
2088-9607_13_1_2023-2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (243kB) | Preview
Abstract
Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak provinsi sehingga jasa pengiriman barang sangat diperlukan oleh masyarakat maupun organisasi untuk menyalurkan barang ke antar kota. Melihat banyaknya perusahaan dibidang jasa pengiriman barang, maka setiap perusahaan bersaing dalam memberikan pelayanan terbaiknya agar mendapat perhatian dari publik, termasuk salah satunya ialah PT Pos Indonesia Kantor Cabang Cimahi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh corporate image dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT Pos Indonesia Kantor Cabang Cimahi. Metode pada penelitian ini adalah deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ditarik berdasarkan probability sampling dengan jenis sampel random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang dan teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis korelasi berganda, dan analisis koefisien determinasi. Hasil nilai koefisien determinasi (R Square) yang diperoleh adalah 0,739. Dari nilai kofesien determinasi tersebut diketahui bahwa pengaruh corporate image dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan sebanyak 73,9%, kemudian sisanya sebesar 26,1% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti. Saran untuk keberlanjutan penelitian yang bertujuan mengetahui variabel lain yang berperan dalam mewujudkan kepuasan pelanggan, sebaiknya diperluas dengan menambahkan variabel lain seperti kualitas informasi dan kepercayaan pelanggan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Corporate image, Kualitas pelayanan, Kepuasan pelanggan, Quality of services, Consumer satisfaction |
Subjects: | Economics and Business > Consumer Affairs |
Depositing User: | - Annisa - |
Date Deposited: | 01 Feb 2024 06:01 |
Last Modified: | 01 Feb 2024 06:01 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/22740 |