Analisis pengaruh citra merek, promosi, kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen ritel

Nasrul, Efendi and Tya, Wildana Hapsari Lubis (2022) Analisis pengaruh citra merek, promosi, kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen ritel. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil : JWEM, 12 (1): 3. pp. 21-36. ISSN 2088-9607

[thumbnail of 2088-9607_12_1_2022-3.pdf]
Preview
Text
2088-9607_12_1_2022-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (528kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian untuk melihat besarnya kontribusi cita merek, promosi serta kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Brastagi Supermarket. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif yaitu penelitian yang memberikan gambaran keterhubungan dan pengaruh dua variabel atau lebih. Populasi penelitian berasal dari konsumen Brastagi Supermarket dengan sampel berjumlah 167 responden, Teknik sampling menggunakan teknik non probability sampling dengan pendekatan accidental sampling yaitu peneliti memilih sampel secara subjektif. Analisis data dilakukan dengan software spss. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa citra merek serta kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh atas kepuasan konsumen, sedangkan promosi tidak berpengaruh secara parsial atas kepuasan konsumen. Kemudian, secara bersama-sama citra merek, promosi serta kualitas pelayanan mampu mempengaruhi kepuasan konsumen dengan nilai koefisien determinasi (R²) 56,2 menunjukkan bahwa kemampuan citra merek, promosi dan kualitas pelayanan hanya mampu menjelaskan kepuasan konsumen sebesar 56,2% sedangkan 43,8,4% dijelaskan oleh variabel lain. Saran untuk keberlanjutan penelitian yang bertujuan mengetahui variabel lain yang berperan dalam mewujudkan kepuasan pelanggan, sebaiknya diperluas dengan menambahkan variabel lain seperti store atmosphere, kualitas produk dan harga.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Citra merek, Promosi, Kualitas pelayanan, Kepuasan konsumen, Promotions, Quality of services, Consumer satisfaction, Brand image
Subjects: Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics
Economics and Business > Consumer Affairs
Depositing User: - Anneke
Date Deposited: 31 Jan 2024 14:14
Last Modified: 31 Jan 2024 14:14
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22724

Actions (login required)

View Item
View Item