Sipayung, Sari Mariahma Nova (2021) Analisis strategi bisnis pada Kedai Kopi Aceh Kuphi Medan. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil : JWEM, 11 (2): 7. pp. 137-146. ISSN 2088-9607
2088-9607_11_2_2021-7.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (358kB) | Preview
Abstract
Kopi merupakan minuman yang dijadikan sebagai teman bersantai oleh banyak orang. Kedai kopi adalah salah satu tempat untuk menikmati kopi. Aceh Kuphi merupakan salah satu usaha kedai kopi di kota Medan yang produk utamanya adalah minuman kopi yang berasal dari daerah Aceh Gayo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi bisnis yang ada pada kedai kopi Aceh Kuphi. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kualitatif dengan analisis SWOT. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedai kopi Aceh Kuphi berada pada kuadran I, yaitu kedai kopi berada dalam kondisi yang sangat prima/menguntungkan, sehingga strategi yang direkomendasikan adalah strategi progresif. Hasil dari matriks SWOT diperoleh strategi SO yaitu mengembangkan strategi pemasaran dengan pemanfaatan teknologi. Strategi WO dapat memaksimalkan media online untuk mempromosikan produk, strategi ST mempertahankan kualitas produk maupun kualitas pelayanan agar tercipta loyalitas pelanggan dan strategi WT mempertahankan harga.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bisnis, Strategi bisnis, Analisis SWOT, Kualitatif, Marketing techniques, SWOT analysis, Coffee |
Subjects: | Economics and Business Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics |
Depositing User: | - Annisa - |
Date Deposited: | 31 Jan 2024 06:40 |
Last Modified: | 31 Jan 2024 06:40 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/22697 |