Tanti, Tanti and Ginting, Mbayak and Ginting, Sugianta Ovinus (2019) Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan mahasiswa memilih perguruan tinggi swasta. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil : JWEM, 9 (2): 6. pp. 169-180. ISSN 2088-9607
2088-9607_9_2_2019-6.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (374kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik terhadap keputusan mahasiswa memilih perguruan tinggi swasta studi kasus pada STIE Mikroskil Medan. Dengan menggunakan rumus Slovin diperoleh sampel sebanyak 97 orang mahasiswa, sedangkan teknik sampling menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Data dianalisis dengan metode regresi linier berganda. Hasil yang diperoleh dari pengujian hipotesis adalah bahwa produk berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa memilih perguruan tinggi swasta. Sedangkan harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik tidak berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa memilih. Produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik berpengaruh secara bersama-sama terhadap keputusan mahasiswa memilih perguruan tinggi swasta. Nilai Adjusted R Square adalah sebesar 0,611. Hal ini berarti 61,10% keputusan memilih dipengaruhi oleh produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik. Sebesar 38,90% keputusan memilih dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bauran pemasaran, Keputusan memilih, Perguruan tinggi, Marketing techniques, Decision making, Decision making |
Subjects: | Social and Political Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Economics and Business Economics and Business > Consumer Affairs |
Depositing User: | - Annisa - |
Date Deposited: | 29 Jan 2024 06:23 |
Last Modified: | 29 Jan 2024 06:23 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/22623 |