Pengembangan usaha aneka kripik dan kerupuk di Kelurahan Tanah Enam Ratus Kecamatan Medan Marelan

Sofiyah, Fivi Rahmatus and Yulinda, Yulinda and Marhayanie, Marhayanie and Siregar, Setri Hiyanti (2019) Pengembangan usaha aneka kripik dan kerupuk di Kelurahan Tanah Enam Ratus Kecamatan Medan Marelan. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil : JWEM, 9 (2): 3. pp. 137-146. ISSN 2088-9607

[thumbnail of 2088-9607_9_2_2019-3.pdf]
Preview
Text
2088-9607_9_2_2019-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (421kB) | Preview

Abstract

Persaingan dunia bisnis semakin ketat, pelaku usaha harus menyiapkan diri untuk menghadapi perubahan-perubahan agar usaha dapat berkembang, kesiapan diri untuk aktif, kreatif dan inovatif sangat dituntut dalam menjalankan usaha. Dalam kegiatan ini ada beberapa kendala yang dihadapi oleh mitra yaitu kendala produksi, kemasan, merek (brand awareness) dan pemasaran promosi dan mitra tidak memiliki laporan keuangan usaha. Kendala produksi adalah masih sangat terbatas jumlah produksi disebabkan karena alat produksi yang digunakan sangat terbatas dan belum memadai, kendala dari aspek kemasan adalah kemesan yang digunakan masih hanya menggunakan plastik biasa dan menggunakan klip sehingga tampilan sangat sederhana, kendala dari sisi merek mitra tidak memiliki indentitas, sehingga ketika konsumen mau membeli lagi tidak tahu merek dan alamat si penjual. Kendala dari aspek pemasaran adalah sangat terbatasnya lokasi pemasaran, mitra merupakan golongan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dan biasanya belum mempunyai kanal distribusi produk yang luas. Mitra mendistribusikan produknya hanya ke lingkungan sekitar rumahnya, kendala promosi. Promosi hanya dari mulut kemulut perubahan zaman menuntut perubahan jangkauan pasar yang lebih luas harus during/online, dan unuk laporan keuangan mitra tidak memiliki pengetahuan dasar mengenai pentingnya memisahkan uang usaha dengan uang pribadi untuk keberlanjutan usaha. Kegiatan pengabdian ini diharapkan akan mampu meningkatkan jumlah produksi mitra dan memperbaiki kualitas kemasan produk. Dimana kedepannya diharapkan dapat memasuki pasar sasaran yang baru yang lebih luas dan lebih baik. Kondisi ini nantinya akan berdampak pada pengembangan usaha dan peningkatan pendapatan mitra dan juga akan berdampak pada perekrutan tenaga kerja di masyarakat sekitar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemasan, Merek, Pemasaran melalui media sosial, Laporan, Small scale enterprises, Electronic commerce, Marketing techniques, Financial statements
Subjects: Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics
Economics and Business > Minority Enterprises
Depositing User: - Annisa -
Date Deposited: 29 Jan 2024 06:37
Last Modified: 29 Jan 2024 06:37
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22617

Actions (login required)

View Item
View Item