Helmaheri, Helmaheri (2023) Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Pendidikan Media Guru Kreatif, 1 (1): 7. pp. 77-88. ISSN 2986-2167
2986-2167_1_1_2023-7.pdf - Published Version
Download (831kB) | Preview
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa merupakan bagian dari high-level mathematical thinking and reasoning, perlu dikembangkan dalam pembelajaran matematika semua tingkatan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis melalui pembelajaran berbasis masalah di kelas X 2 SMA Negeri Pintar Provinsi Riau. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dua siklus. Tiap siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dikatakan berhasil jika sekuang-kurangnya 85% siswa memperoleh nilai ≥75. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 62,50% dengan nilai ratarata 72,13 dapa pada siklus II sebesar 87,50% dengan nilai rata-rata 80,88. Dari data tersebut menunjukkan bahwa pada sikuls I hasil belajar siswa belum sesuai harapan. Sedangkan pada siklus II sudah sesuai harapan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemecahan masalah, Berfikir matematis, Pembelajaran berbasis masalah. Problem solving, Mathematical analysis, Learning methods. |
Subjects: | Mathematical Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Social and Political Sciences > Social Concerns |
Depositing User: | - Anneke - |
Date Deposited: | 18 Sep 2023 06:44 |
Last Modified: | 18 Sep 2023 06:44 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/22099 |