Alivia, Ayudhi Asmaradana and Edy, Widodo (2023) Penerapan metode peramalan Double Exponential Smoothing (DES) pada indeks harga konsumen Kota Yogyakarta. ESDS: Emerging Statistics and Data Science Journal, 1 (1): 4. pp. 30-36. ISSN 2988-4004
2988-4004_1_1_2023-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (388kB) | Preview
Abstract
Indeks Harga Konsumen atau IHK adaIah sebuah indeks untuk perhitungan rata-rata perubahan harga dari suatu barang dan jasa yang dikonsumsi penduduk daIam periode waktu tertentu. IHK adalah indikator yang digunakan dalam perhitungan infIasi dimana infIasi sangat berperan penting dalam perekonomian. Sehingga perubahan IHK akan mempengarui besar biaya hidup untuk barang dan jasa pada setiap penduduk. Selain itu, terjadinya inflasi atau deflasi dapat diketahui melalui IHK. MakaIah ini dibuat dengan tujuan untuk memberikan gambaran tentang masa depan kepada pemerintah daIam menetapkan kebijakan ke depannya. Data yang digunakan daIam peneIitian ini adalah IHK di Kota Yogyakarta pada bulan Januari 2014 hingga Februari 2022. Data IHK tersebut memilki pola data trend naik dimana data terus mengaIami kenaikan hingga Februari 2022. Namun, pada satu periode yaitu pada Januari 2020, nilai IHK Kota Yogyakarta mengaIami penurunan drastis dikarenakan adanya pandemi Covid-19. Kemudian dilakukan peramalan menggunakan metode DoubIe ExponentiaI Smoothing yang seIanjutnya dicari nilai kesalahan peramalan menggunakan perhitungan Mean Absolute Percentage Error (MAPE). Didapatkan nilai peramalan IHK pada bulan Maret 2022 adalah 109.2964, dengan nilai MAPE sebesar 0.76%. Nilai MAPE tersebut kurang dari 10% artinya dapat dikatakan bahwa peramaIan menggunakan metode Double Exponential Smoothing baik dan dapat digunakan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | lndeks harga konsumen, Peramalan, DoubIe ExponentiaI Smoothing (DES). Analytical Methods, Consumer prices,inflation. |
Subjects: | Economics and Business Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics Economics and Business > Consumer Affairs |
Depositing User: | - Anneke - |
Date Deposited: | 15 Sep 2023 06:37 |
Last Modified: | 15 Sep 2023 06:37 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/21991 |