Joni, Sulastri (2022) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi teorema pythagoras untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan AKSARA, 3 (2): 5. pp. 35-42. ISSN 2716-1692
2716-1692_3_2_2022-5.pdf - Published Version
Download (683kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII B pada mata pelajaran matematika pokok bahasan Teorema Pythagoras. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu; perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. PTK ini dilaksanakan mulai bulan Pebruari sampai dengan bulan April 2022. Subjek PTK terdiri dari penulis sendiri dan siswa kelas VIII B yang berjumlah 25 orang serta dibantu oleh seorang guru yang bertindak sebagai pengamat. Hasil-hasil Tindakan yang peroleh pada masing-masing siklus adalah sebagai berikut. Siklus 1; aktivitas guru sebanyak 7 langkah, rata-rata nilai tes formatif 1 adalah 69,20 dengan ketuntasan klasikal sebesar 68%. Siklus 2; aktivitas guru sebanyak 8 langkah, rata-rata nila tes formatif 2 adalah 72,20 dengan ketuntasan secara klasikal sebesar 88,20%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajat siswa kelas VIII B SMP Negeri 8 Seluma pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan Teorema Phythagoras.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar siswa, Pembelajaran kooperatif tipe STAD. educational output, Learning materials, Learning methods. |
Subjects: | Mathematical Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Annisa - |
Date Deposited: | 21 Nov 2023 02:39 |
Last Modified: | 21 Nov 2023 02:39 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/21568 |