Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi teorema pythagoras untuk meningkatkan hasil belajar siswa

Joni, Sulastri (2022) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi teorema pythagoras untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan AKSARA, 3 (2): 5. pp. 35-42. ISSN 2716-1692

[thumbnail of 2716-1692_3_2_2022-5.pdf]
Preview
Text
2716-1692_3_2_2022-5.pdf - Published Version

Download (683kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII B pada mata pelajaran matematika pokok bahasan Teorema Pythagoras. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu; perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. PTK ini dilaksanakan mulai bulan Pebruari sampai dengan bulan April 2022. Subjek PTK terdiri dari penulis sendiri dan siswa kelas VIII B yang berjumlah 25 orang serta dibantu oleh seorang guru yang bertindak sebagai pengamat. Hasil-hasil Tindakan yang peroleh pada masing-masing siklus adalah sebagai berikut. Siklus 1; aktivitas guru sebanyak 7 langkah, rata-rata nilai tes formatif 1 adalah 69,20 dengan ketuntasan klasikal sebesar 68%. Siklus 2; aktivitas guru sebanyak 8 langkah, rata-rata nila tes formatif 2 adalah 72,20 dengan ketuntasan secara klasikal sebesar 88,20%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajat siswa kelas VIII B SMP Negeri 8 Seluma pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan Teorema Phythagoras.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar siswa, Pembelajaran kooperatif tipe STAD. educational output, Learning materials, Learning methods.
Subjects: Mathematical Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Anneke
Date Deposited: 21 Nov 2023 02:39
Last Modified: 21 Nov 2023 02:39
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/21568

Actions (login required)

View Item
View Item