Meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun ruang sisi lengkung melalui pembelajaran discovery learning

Budi, Taqwan (2022) Meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun ruang sisi lengkung melalui pembelajaran discovery learning. Jurnal Pendidikan AKSARA, 3 (2): 4. pp. 25-34. ISSN 2716-1692

[thumbnail of 2716-1692_3_2_2022-4.pdf]
Preview
Text
2716-1692_3_2_2022-4.pdf - Published Version

Download (923kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar dalam pembelajaran matematika materi Bangun Ruang Sisi Lengkung dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada siswa kelas IX SMP Negeri 25 Seluma semester II (dua) tahun pelajaran 2019/2020.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus, masing- masing siklus meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.
Teknik pengumpulan data dengan tes dan observasi dengan alat pengumpulan data berupa soal tes tulis dan lembar observasi yang divalidasi data melalui triangulasi.
Subjek penelitian berjumlah 26 orang siswa kelas IX tahun pelajaran 2019/2020.
Hasil Analisis data menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari pra siklus, siklus I sampai siklus II yaitu 72,57, 76,11 dan 80,88.
Hasil belajar pada siklus II telah melampui KKM yang telah ditentukan yaitu sebesar ≥78. Prosentase ketuntasan belajar secara klasikal juga meningkat yaitu 42,30% pada pra siklus meningkat pada siklus I menjadi 73,07%, dan naik menjadi 88,46% pada siklus II.
Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa melalui pembelajaran model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi Bangun Ruang Sisi Lengkung pada siswa di kelas IX SMP Negeri 25 Seluma dan model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative dalam pembelajaran Matematika

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model discovery learning, Hasil belajar matematika, Bangun ruang sisi lengkung. Learning models, Educational output, Mathematics.
Subjects: Mathematical Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Anneke
Date Deposited: 21 Nov 2023 02:38
Last Modified: 21 Nov 2023 02:38
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/21565

Actions (login required)

View Item
View Item