Lis, Saodah (2023) Pengaruh model pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa SDN Pondok Aren 01 Pondok Aren – Tangerang Selatan. Jurnal Investigasi : Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 4 (1): 10. pp. 96-104. ISSN 2720-9334
2720-9334_4_1_2023-10.pdf - Published Version
Download (393kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa SDN Pondok Aren 01.Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenisquasi eksperimen dengan sampel kelas II-A kelas eksperimendan II-B sebagai kelas kontrol. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah dengan menggunakan tes berbentuk uraian. Hasil analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pretest kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 32,69 dan pada kelas kontrol diperolen nilai rata-rata sebesar 32,56. Hasil analisis posttest kelas eksperimen diperoleh kemampuan siswa meningkat menjadi 81,8 sedangkanpada kelas kontrol menjadi 77,5. Hasil analisis data dengan menggunakan ANACOVA satu jalan, diperoleh nilai sig. 0,014 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas yang menggunakan Model Pembelajaran Creative Problem Solving lebih tinggi dibanding dengan kelas yang menggunakan pembelajaran Direct Instruction setelah mengontrol kemampuan awal.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Creative problem solving, Direct instruction, Pemecahan masalah matematika. Learning models, Mathematics, Elemntary school students. |
Subjects: | Mathematical Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Annisa - |
Date Deposited: | 21 Nov 2023 02:17 |
Last Modified: | 21 Nov 2023 02:17 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/21543 |