Hubungan xenosentrisme konsumen, pengaruh sosial, dan usia terhadap niat membeli sepeda luar negeri

Henricus, Ivan Pradipta and Joseph, Edwin and Agung, Nugroho (2022) Hubungan xenosentrisme konsumen, pengaruh sosial, dan usia terhadap niat membeli sepeda luar negeri. Milestone: Journal of Strategic Management, 2 (2): 5. pp. 145-158. ISSN 2775-3565

[thumbnail of 2775-3565_2_2_2022-5.pdf]
Preview
Text
2775-3565_2_2_2022-5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (370kB) | Preview

Abstract

Covid-19 telah menyebabkan tren bersepeda meluas secara global dan nasional. Fenomena ini terjadi bersamaan dengan meningkatnya permintaan sepeda khususnya sepeda luar negeri di Jakarta. Preferensi merek sepeda asing dapat mengindikasikan adanya xenosentrisme konsumen di Jakarta. Meningkatnya komunitas bersepeda menciptakan lingkungan sosial yang mendorong konsumsi merek sepeda asing. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa konsumen yang lebih muda memiliki pengetahuan yang lebih besar tentang merek asing daripada merek lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara xenosentrisme konsumen, pengaruh sosial (Ganbold & Gantulga, 2020), dan usia (Pratono & Arli, 2020) terhadap niat membeli sepeda merk luar negeri. Penelitian ini mengimplementasikan metode kuantitatif explanatory dan SmartPLS untuk pengujian hipotesis. Data diambil dari 103 responden pemilik sepeda aktif dan dewasa (17–63 tahun) di Jakarta. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengaruh sosial dan usia tidak berpengaruh signifikan terhadap niat beli sepeda merek luar negeri. Xenosentrisme konsumen terkait kekaguman asing memiliki hubungan sedang dengan niat membeli merek sepeda asing, sedangkan xenosentrisme konsumen terkait penolakan domestik tidak berpengaruh signifikan. Produsen sepeda lokal disarankan untuk merancang produk meniru produk luar negeri, mengingat penilaian positif konsumen terhadap mereka.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Xenosentrisme konsumen, Pengaruh sosial, Usia, Niat membeli sepeda merk luar negeri, Consumer behavior, Social influence, Habit
Subjects: Economics and Business > Consumer Affairs
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 11 Oct 2023 07:13
Last Modified: 11 Oct 2023 07:13
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/21524

Actions (login required)

View Item
View Item