Penggunaan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan aplikasi WhatsApp grup untuk meningkatkan hasil belajar operasi hitung bilangan bulat di masa pandemi Covid-19 pada siswa kelas vi semester i SD Negeri Jombang 01

Prihatini, Kurnia Umiyanti (2023) Penggunaan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan aplikasi WhatsApp grup untuk meningkatkan hasil belajar operasi hitung bilangan bulat di masa pandemi Covid-19 pada siswa kelas vi semester i SD Negeri Jombang 01. Jurnal Investigasi : Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 4 (1): 4. pp. 27-36. ISSN 2720-9334

[thumbnail of 2720-9334_4_1_2023-4.pdf]
Preview
Text
2720-9334_4_1_2023-4.pdf - Published Version

Download (422kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 6 SD Negeri Jombang 01 Kecamatan Ciputat Kota Tangerang Selatan Semester 1 tahun pelajaran 2020/2021. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, tiap-tiap siklus dilaksanakan tiga kali pertemuan tatap muka dengan subjek penelitian siswa kelas 6 SD Negeri Jombang 01 yang berjumlah 33 siswa. Dalam penelitian ini menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) berbantuan Whatsapp Grup. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan, sebelum penelitian ketuntasan hanya 39,13% dengan rata-rata kelas 63,26 setelah dilakukan tindakan, pada siklus1 ketuntasan belajar siswa 73,91% dengan nilai rata-rata 66,30. Pada siklus 2 ketuntasan belajar siswa 100% dengan nilai rata-rata kelas 71,08. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran berbasisi masalah (PBL) berbantuan Whatsapp Grup dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 6 SD Negeri Jombang 01 Kecamatan Ciputat Kota Tangerang Selatan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PBL, Hasil belajar, Matematika, WhatsApp grup; Pandemi Covid-19. Learning models, Mathematics, Pandemic.
Subjects: Mathematical Sciences
Mathematical Sciences > Operations Research
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Annisa -
Date Deposited: 21 Nov 2023 02:02
Last Modified: 21 Nov 2023 02:02
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/21521

Actions (login required)

View Item
View Item