Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WOM) di Instagram terhadap minat pembelian pada merek kosmetik lokal yang dimediasi oleh citra merek dan sikap merek

Windy, Manuella and Ongky, Alex Sander (2022) Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WOM) di Instagram terhadap minat pembelian pada merek kosmetik lokal yang dimediasi oleh citra merek dan sikap merek. Milestone: Journal of Strategic Management, 2 (2): 1. pp. 91-102. ISSN 2775-3565

[thumbnail of 2775-3565_2_2_2022-1.pdf]
Preview
Text
2775-3565_2_2_2022-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (413kB) | Preview

Abstract

Digitalisasi memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi dan pengetahuan yang dapat tersebar baik di dalam negeri maupun secara global. Didukung dengan penemuan media komunikasi internet seperti media sosial saat ini, pelanggan dapat saling berinteraksi dan berbagi informasi dengan mudah di media sosial mereka seperti Instagram mengenai pengalaman penggunaan dan review produk. Instagram merupakan salah satu media sosial yang dapat memengaruhi minat dan keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini akan membahas beberapa variabel yang memengaruhi minat pembelian konsumen. Variabel dalam penelitian ini adalah electronic word of mouth (E-WOM), citra merek, sikap merek, dan niat beli. Dari variabel-variabel tersebut, Peneliti mengembangkan tujuh hipotesis yang diuji pada analisis statistik. Penelitian minat beli konsumen terhadap merek kosmetik lokal merupakan penelitian kausal dengan metode penelitian kuantitatif. Jumlah sampel penelitian ini adalah 165 responden dan data penelitian dianalisis dengan menggunakan SMART PLS 3.2.9. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa E-WOM berpengaruh signifikan terhadap citra merek, E-WOM berpengaruh signifikan terhadap sikap merek, E-WOM berpengaruh signifikan terhadap niat beli, sikap merek berpengaruh signifikan terhadap niat beli, citra merek memediasi E-WOM pada niat beli dan sikap merek memediasi E-WOM pada niat beli.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Electronic Word of Mouth (E-WOM), Citra merek, Sikap merek, Niat beli, Product differentiation, Marketing, Product management
Subjects: Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics
Economics and Business > Consumer Affairs
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 11 Oct 2023 03:02
Last Modified: 11 Oct 2023 03:02
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/21474

Actions (login required)

View Item
View Item