Pendidikan kesehatan spiritual care pemberian makanan bergizi dalam pendekatan islam dan demonstrasi dapur sehat

Abdullah Azam Mustajab and Marwiati and Siti Khoiriyah (2023) Pendidikan kesehatan spiritual care pemberian makanan bergizi dalam pendekatan islam dan demonstrasi dapur sehat. Jurnal Kreativitas Pengabdian kepada Masyarakat, 6 (3): 13. pp. 982-990. ISSN 2615-0921

[thumbnail of Jurnal_Abdullah Azam Mustajab_Universitas Sains Al-Quran_2023-13.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Abdullah Azam Mustajab_Universitas Sains Al-Quran_2023-13.pdf

Download (485kB) | Preview

Abstract

Stunting menjadi permasalahan kesehatan yang menjadi perhatian nasional. Masalah stunting menyebabkan anak mempunyai tinggi badan yang pendek atau kerdil. Selain permasalahan tinggi badan, stunting juga berdampak pada perkembangan otak, kecerdasan dan metabolisme tubuh terganggu sehingga perkembangan kognitif anak menurun, kesulitan belajar dan menurunnya kekebalan tubuh. Kegiatan ini untuk memotivasi masyarakat dari sudut pandang agama yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kemauan masyarakat dalam mengatasi masalah stunting. Kegiatan menggunakan pendidikan kesehatan spiritual care dan demonstrasi dapur sehat untuk mengolah makanan yang bergizi untuk keluarga. Warga mengikuti kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan antusias dibukikan dengan semua undangan hadir dan saat kegiatan berlangsung warga antusias dalam sesi tanya jawab. Orangtua memahami pemberian gizi pada bayi balita dimulai dengan pemberian ASI Eksklusif selama 6 bulan, MP-ASI, dan makanan yang bergizi seimbang. Orangtua memahami pemilihan bahan makanan yang bergizi, persiapan sebelum memasak dan pengolahan makanan yang benar supaya kandungan gizinya tidak rusak atau hilang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Stunting, Pendidikan Kesehatan, Spiritual Care, Dapur Sehat
Subjects: Medicine & Biology > Nutrition
Depositing User: - Een Rohaeni
Date Deposited: 01 Dec 2023 07:54
Last Modified: 01 Dec 2023 07:54
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/21159

Actions (login required)

View Item
View Item