Pengaruh EEJ pada medan magnet bumi arah horisontal di Stasiun Pengamat Dirgantara Biak dan Watukosek

Rustam Effendi and S.L.Manurung and Wilson Sinambela and Mamat Ruhimat and Eddy Indra Satria (1995) Pengaruh EEJ pada medan magnet bumi arah horisontal di Stasiun Pengamat Dirgantara Biak dan Watukosek. In: Proceeding Media Dirgantara LAPAN.

[thumbnail of Proceeding_Rustam_LAPAN_1995.pdf]
Preview
Text
Proceeding_Rustam_LAPAN_1995.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil penelitian pengaruh Equatorial Electro Jet (EEJ) pada medan magnet bumi arah horisontal di Stasiun Pengamat Dirgantara Biak (φ=12.02° S) menunjukkan variasi sekitar 11.61 nT dengan gangguan terbesar mencapai 23.95 nT. Di samping gangguan dari pengaruh EEJ, terdapat juga gangguan dari Counter EEJ yang dapat menekan medan magnet bumi arah horisontal Stasiun Biak sebesar 14.11 nT, lebih kecil dari pada di Stasiun Watukosek (φ=18.43° S).
Hasil yang diperoleh tidak jauh berbeda dengan penelitian di Stasiun-stasiun ekuator belahan bumi utara antara Trivandrum (p= 8.50 U) dan Alibag yaitu sekitar 20 nT.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Equatorial Electro Jet, medan magnet bumi
Subjects: Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan > Sains Antariksa > Magnetosfer dan Lingkungan Antariksa
Divisions: LAPAN > Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Penerbangan
Depositing User: - Rahmahwati -
Date Deposited: 28 Nov 2023 03:43
Last Modified: 28 Nov 2023 03:43
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/21105

Actions (login required)

View Item
View Item