Sukimin, Sukimin (2022) Peningkatan kemampuan guru IPS dalam proses pembelajaran melalui bimbingan dan pelatihan secara digital di Sekolah Binaan Kota Tangerang Selatan Tahun 2021. Jurnal Investigasi : Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3 (2): 5. pp. 184-195. ISSN 2720-9334
2720-9334_3_2_2022_5.pdf - Published Version
Download (870kB) | Preview
Abstract
Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru IPS dalam proses pembelajaran. Subyek dalam penelitian 20 orang guru mata pelajaran IPS dari 10 Sekolah Binaan di Kota Tangerang Selatan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi berupa hasil supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian diperoleh hasil bahwa telah terjadi peningkatan kemampuan guru IPS dalam proses pembelajaran. Hasil observasi dan penilaian menunjukkan peningkatan kemampuan guru setelah dilaksanakan kegiatan bimbingan dan pelatihan secara digital (melalui aplikasi zoom). Hasil yang diperoleh pada kondisi awal sebanyak 72.18% guru mampu melaksanakan proses pembelajaran, pada siklus 1 menjadi 75.87% dan pada siklus 2 meningkat rata-rta 86.90%. Hal ini menunjukan bahwa bimbingan dan pelatihan (bimlat) secara digital berhasil meningkatkan kemampuan guru IPS dalam proses pembelajaran yang efktif dan benar pada sekolah binaan di wilayah Kota Tangerang Selatan
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan, Supervisi akademik, bimbingan, pelatihan, digital, Competency-based education, Educational supervision, Training and development |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Dina - |
Date Deposited: | 26 Sep 2023 08:18 |
Last Modified: | 26 Sep 2023 08:18 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/21092 |