Peningkatan kemampuan guru IPS dalam proses pembelajaran melalui bimbingan dan pelatihan secara digital di Sekolah Binaan Kota Tangerang Selatan Tahun 2021

Sukimin, Sukimin (2022) Peningkatan kemampuan guru IPS dalam proses pembelajaran melalui bimbingan dan pelatihan secara digital di Sekolah Binaan Kota Tangerang Selatan Tahun 2021. Jurnal Investigasi : Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3 (2): 5. pp. 184-195. ISSN 2720-9334

[thumbnail of 2720-9334_3_2_2022_5.pdf]
Preview
Text
2720-9334_3_2_2022_5.pdf - Published Version

Download (870kB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru IPS dalam proses pembelajaran. Subyek dalam penelitian 20 orang guru mata pelajaran IPS dari 10 Sekolah Binaan di Kota Tangerang Selatan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi berupa hasil supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian diperoleh hasil bahwa telah terjadi peningkatan kemampuan guru IPS dalam proses pembelajaran. Hasil observasi dan penilaian menunjukkan peningkatan kemampuan guru setelah dilaksanakan kegiatan bimbingan dan pelatihan secara digital (melalui aplikasi zoom). Hasil yang diperoleh pada kondisi awal sebanyak 72.18% guru mampu melaksanakan proses pembelajaran, pada siklus 1 menjadi 75.87% dan pada siklus 2 meningkat rata-rta 86.90%. Hal ini menunjukan bahwa bimbingan dan pelatihan (bimlat) secara digital berhasil meningkatkan kemampuan guru IPS dalam proses pembelajaran yang efktif dan benar pada sekolah binaan di wilayah Kota Tangerang Selatan

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemampuan, Supervisi akademik, bimbingan, pelatihan, digital, Competency-based education, Educational supervision, Training and development
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Dina -
Date Deposited: 26 Sep 2023 08:18
Last Modified: 26 Sep 2023 08:18
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/21092

Actions (login required)

View Item
View Item