Analisa pulsa noise matahari frekuensi 200 MHz melalui stasiun pengamat matahari Tanjungsari

Suratno and S L Manurung and Rustam Efendi (1982) Analisa pulsa noise matahari frekuensi 200 MHz melalui stasiun pengamat matahari Tanjungsari. Working Paper. Pusat Riset Dirgantara LAPAN, Bandung.

[thumbnail of Kertas Kerja_Suratno_LAPAN_1982.pdf]
Preview
Text
Kertas Kerja_Suratno_LAPAN_1982.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Emisi gelombang radio matahari yang sampai di permukaan bumi, dapat ditangkap dengan sistem penerima. Mekanismenya adalah adanya peningkatan termal dan munculnya kelompok penggangu dari daerah tak stabil di dalam korona.
Pada pencatat dalam sistem penerima ditandai dengan meningkatnya tinggi pulsa. Variasinya dinyatakan dalam noise relatip m, dan dalam hubungannya dengan banyaknya pulsa perdetik (pulse repetition rate) F berbentuk exponensial atau dapat dinyatakan secara linier.
Pada kesempatan ini dianalisa data yang diperoleh hasil pengamatan tahun 1980, 1981 dan 1982 melalui stasiun Pengamat Matahari Tanjungsari pada penerimaan gelombang frekuensi 200 MHz.

Item Type: Monograph (Working Paper)
Uncontrolled Keywords: Stasiun Pengamat Matahari, pulsa noise
Subjects: Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan > Sains Antariksa > Matahari dan Astrofisika
Divisions: LAPAN > Deputi Sains Antariksa Dan Atmosfer > Pusat Sains Antariksa
Depositing User: - mayang -
Date Deposited: 18 Nov 2023 23:23
Last Modified: 18 Nov 2023 23:23
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/20949

Actions (login required)

View Item
View Item