Hasil riset ionosfer dan penjalaran gelombang radio

Buldan Muslim and Jiyo (2008) Hasil riset ionosfer dan penjalaran gelombang radio. In: Prosiding Workshop Komunikasi Radio: Peran Komunikasi Radio dalam Upaya Merajut Wilayah Nusantara, 20 November 2007, Bandung.

[thumbnail of Prosiding_Buldan_LAPAN_2008.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Buldan_LAPAN_2008.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada makalah ini dibahas tentang hasil riset ionosfer dan penjalaran gelombang radio. Dari data dan analisis diperoleh kesimpulan bahwa (a) lapisan ionosfer sebagai bagian atmosfer atas mempunyai dinamika kompleks karena adanya medan magnet bumi, (b) lapisan ionosfer memberikan pengaruh penting terhadap sistem komunikasi radio, (c) model ionosfer regional diperlukan untuk menentukan prakiraan kondisi lapisan ionosfer untuk mendukung kinerja sistem komunikasi radio dan navigasi, (d) komunikasi taktis NVIS bergantung kepada informasi lapisan ionosfer. Kemudian hasil riset LAPAN yang berupa paket program MSILRI, data ionosonda dan GPS dapat digunakan untuk pelayanan informasi propagasi NVIS dan koreksi ionosfer dalam navigasi dan penentuan posisi GPS serta tracking satelit, serta prediksi gangguan komunikasi satelit.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: lapisan ionosfer, komunikasi NVIS, koreksi ionosfer
Subjects: Communication > Common Carrier & Satellite
Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan > Sains Antariksa > Dinamika Ionosfer dan Cuaca Antariksa
Divisions: LAPAN
Depositing User: - Aullya -
Date Deposited: 14 Nov 2023 08:24
Last Modified: 14 Nov 2023 08:24
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/20904

Actions (login required)

View Item
View Item