Elyyani (2011) Upaya meminimalisasi spam pada layanan Email LAPAN Bandung. Berita Dirgantara Majalah Ilmiah Semi Populer, 12 (1): 1. pp. 1-5. ISSN 1411-8920
Jurnal_Elyyani_LAPAN_2011.pdf
Download (2MB) | Preview
Abstract
Email merupakan bentuk komunikasi bisnis yang sifatnya cepat, murah dan mudah digunakan, terutama untuk pesan-pesan yang dikirim dalam perusahaan (internal message). Fasilitas ini sangat rentan terhadap berbagai gangguan spam, diantaranya adalah banyaknya spam pada inbox user serta dikeluhkannya beberapa email yang dikirim masuk ke dalam junk mail (keranjang sampah) yang mengakibatkan terganggunya komunikasi. Selain itu akan mengakibatkan pemborosan sumber daya jaringan serta waktu dan tenaga yang ada. Mengingat spam adalah suatu masalah dengan berbagai macam faktor, maka perlu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut baik dari sisi pemakai email maupun dari sisi pengelolanya, permasalahan ini dapat diatasi melalui pembenahan pada sisi manajemen email yang dapat dilakukan melalui segi teknis seperti adanya sistem filtering dari blocking.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gangguan spam, Email, manajemen email, security system, data security |
Subjects: | Taksonomi LAPAN > Teknologi Informasi dan Komunikasi > Keamanan Informasi |
Divisions: | LAPAN > Deputi Sains Antariksa Dan Atmosfer > Pusat Sains Antariksa |
Depositing User: | - Aullya - |
Date Deposited: | 27 Oct 2023 00:05 |
Last Modified: | 27 Oct 2023 00:05 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/20710 |