Pengaruh status gizi terhadap gaya belajar anak usia sekolah

Erna, Susilowati and Hengky, Irawan (2021) Pengaruh status gizi terhadap gaya belajar anak usia sekolah. Jurnal Nusantara Medika, 5 (1): 7. pp. 49-54. ISSN 2963-3311

[thumbnail of Jurnal_Erna Susilowati_Akper Dharma Husada Kediri_2021-7.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Erna Susilowati_Akper Dharma Husada Kediri_2021-7.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (131kB) | Preview

Abstract

Kebutuhan zat gizi yang diperlukan anak sekolah selain untuk proses kehidupan, juga diperlukan untuk proses pertumbuhan dan perkembangan kognitif anak.Penelitian ini bertujuan umtuk mengetahui pengaruh status gizi terhadap kecenderungan gaya belajar anak usia sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan rancangan cross sectional, besar sampel 32 anak dengan metode simple random sampling . Analisa data menggunakan uji korelasi Spearman (@=0,05). Data status gizi diperoleh dengan pengukuran berat badan dan umur serta indek masa tubuh. dipresentasikan dengan nilai Zscore tinggi badan menurut umur (TB/U) Data gaya belajar diperoleh dengan quesioner. Hasil analisa menunjukkan mayoritas dari anak yang mempunyai status gizi normal mempunyai kecenderungan gaya belajar tipe kinesthetic. Status gizi yang normal mampu memaksimalkan anak untuk berekplorasi, bergerak aktif untuk menunjang prestasi belajarnya. Peningkatan peran orangtua dan peran sekolah dalam memberikan asupan gizi yang adekuat sesuai dengan kebutuhan anak agar status gizinya menjadi baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Status gizi, Gaya belajar, Anak usia sekolah, Nutritional status, Academic achievement, Students
Subjects: Medicine & Biology > Nutrition
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 16 Aug 2023 06:08
Last Modified: 16 Aug 2023 06:08
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/20554

Actions (login required)

View Item
View Item