Erna, Susilowati and Hengky, Irawan (2021) Pengaruh status gizi terhadap gaya belajar anak usia sekolah. Jurnal Nusantara Medika, 5 (1): 7. pp. 49-54. ISSN 2963-3311
Jurnal_Erna Susilowati_Akper Dharma Husada Kediri_2021-7.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (131kB) | Preview
Abstract
Kebutuhan zat gizi yang diperlukan anak sekolah selain untuk proses kehidupan, juga diperlukan untuk proses pertumbuhan dan perkembangan kognitif anak.Penelitian ini bertujuan umtuk mengetahui pengaruh status gizi terhadap kecenderungan gaya belajar anak usia sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan rancangan cross sectional, besar sampel 32 anak dengan metode simple random sampling . Analisa data menggunakan uji korelasi Spearman (@=0,05). Data status gizi diperoleh dengan pengukuran berat badan dan umur serta indek masa tubuh. dipresentasikan dengan nilai Zscore tinggi badan menurut umur (TB/U) Data gaya belajar diperoleh dengan quesioner. Hasil analisa menunjukkan mayoritas dari anak yang mempunyai status gizi normal mempunyai kecenderungan gaya belajar tipe kinesthetic. Status gizi yang normal mampu memaksimalkan anak untuk berekplorasi, bergerak aktif untuk menunjang prestasi belajarnya. Peningkatan peran orangtua dan peran sekolah dalam memberikan asupan gizi yang adekuat sesuai dengan kebutuhan anak agar status gizinya menjadi baik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Status gizi, Gaya belajar, Anak usia sekolah, Nutritional status, Academic achievement, Students |
Subjects: | Medicine & Biology > Nutrition Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 16 Aug 2023 06:08 |
Last Modified: | 16 Aug 2023 06:08 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/20554 |