Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Koperasi Baitul Maal Jawaahirul Hikmah Besuki Kabupaten Tulungagung

Rohadatul Aisy and Moh Gufron (2022) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Koperasi Baitul Maal Jawaahirul Hikmah Besuki Kabupaten Tulungagung. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Kewirausahaan, 1 (2). pp. 23-27. ISSN 2807-5420

[thumbnail of Jurnal_Rohadatul Aisy_Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung_2021-4.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Rohadatul Aisy_Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung_2021-4.pdf - Published Version

Download (845kB) | Preview

Abstract

Kualitas pelayanan adalah ukuran seberapa bagus tingkat layanan yang diberikan sesuai dengan ekspektasi pelanggan. Kunci untuk memberikan kualitas pelayanan yang lebih baik adalah memenuhi atau melebihi ekspektasi kualitas pelayanan pelanggan sasaran. Jadi tingkat kepuasan merupakan fungsi perbedaan antara kinerja yang di rasakan oleh harapan, jika kinerja yang dirasakan di bawah harapan maka konsumen merasa tidak puas, sedangkan jika kinerja yang dirasakan sesuai dengan harapan atau bahkan melalui harapan maka konsumen akan merasa sangat puas. Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pembelian Konsumen di Koperasi Baitul Maal Jawaahirul Hikmah” untuk mengetahui seberapa pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pembelian konsumen di koperasi Baitul Maal Jahirul Hikmah. Metode penelitian penelitian ini adalah angket, dengan kualitas pelayanan (X) dan kepuasan konsumen(Y). Dari analisis data diketahui uji t nilai (t hit) 46.529 > 1.663(t tab)dengan nilai significant 0.000 < nilai probabilitas 0.05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa "ada pengaruh positif yang signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di koperasi Baitul Maal.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Consumer satisfaction, SERVQUAL (Service quality framework), Cooperative activities
Subjects: Urban & Regional Technology & Development > Social Services
Economics and Business > Consumer Affairs
Economics and Business > Banking & Finance
Depositing User: Saepul Mulyana
Date Deposited: 07 Sep 2023 13:48
Last Modified: 09 Sep 2023 07:58
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/20384

Actions (login required)

View Item
View Item