Prediksi rawan banjir menggunakan Standardized Presipitation Indek (Studi Kasus Pulau Jawa)

Nur Febrianti and Any Zubaidah (2012) Prediksi rawan banjir menggunakan Standardized Presipitation Indek (Studi Kasus Pulau Jawa). In: Seminar Nasional Sains Atmosfer & Antariksa 2012: Memperkuat Sains Atmosfer dan Antariksa serta Teknologinya untuk mendukung Kemandirian Kedirgantaraan Nasional, 27 November 2012, Puspitek Serpong.

[thumbnail of Prosiding_Nur_LAPAN_2012.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Nur_LAPAN_2012.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pulau Jawa diprediksi terendam banjir besar sekitar 98 kabupaten/kota mulai akhir 2011. Jika hal itu benar terjadi, tentu akan sangat menghawatirkan. Oleh karena itu perlu dilakukan prediksi dengan cara lain untuk mengetahui berapa besar banjir yang akan terjadi. Salah satu upaya memprediksi curah hujan dilakukan dengan menggunakan data Outgoing Longwave Radiation (OLR)Hasil prediksi estimasi curah hujan tersebut telah memperlihatkan hasil yang cukup baik. Peristiwa banjir ini perlu melakukan prediksi rawan banjir dengan menggunakan tingkat kebasahan menggunakan metode Standardized Presipitation Indek (SPI)Data OLR diperoleh dari Climate Prediction Center-National Oceanic and Atmospheric Administration (CPC-NOAA)Metodologi yang digunakan untuk mengestimasi dan prediksi curah hujan dari OLR menggunakan metode Empirical Orthogonal Function (EOF) dan Canonical Correlation Analysis (CCA)Metode untuk menentukan tingkat kelembaban tanah menggunakan metode Standardized Presipitation Indek (SPI)Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prediksi daerah rawan banjir pada Maret 2012 memprediksi akan terjadi rawan banjir di 77 Kabupaten/kota di Pulau Jawa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Prediksi Curah Hujan, Rawan Banjir, OLR, EOF, CCA, SPI
Subjects: Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Peringatan Dini, Mitigasi, dan Penanganan Bencana
Taksonomi LAPAN > Teknologi Penginderaan Jauh > Penelitian, Pengkajian, dan Pengembangan > Pemanfaatan Penginderaan Jauh
Divisions: LAPAN > Deputi Sains Antariksa Dan Atmosfer > Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer
Depositing User: - Aullya -
Date Deposited: 18 Oct 2023 13:40
Last Modified: 18 Oct 2023 13:45
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/20224

Actions (login required)

View Item
View Item