Pemanfaatan data outgoing longwave radiation (OLR) dalam identifikasi faktor aktivitas matahari di Indonesia

Jalu Tejo Nugroho and Safwan Hadi and Bayong Tjasyono and The Houw Liong (2012) Pemanfaatan data outgoing longwave radiation (OLR) dalam identifikasi faktor aktivitas matahari di Indonesia. In: Seminar Nasional Sains Atmosfer & Antariksa 2012: Memperkuat Sains Atmosfer dan Antariksa serta Teknologinya untuk mendukung Kemandirian Kedirgantaraan Nasional, 27 November 2012, Puspitek Serpong.

[thumbnail of Prosiding_Jalu_LAPAN_2012.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Jalu_LAPAN_2012.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Data Outgoing Longwave Radiation (OLR) telah dimanfaatkan dalam identifikasi pengaruh aktivitas matahari di Indonesia. Dengan metode analisis spektral tampak bahwa sinyal aktivitas matahari relatif muncul lebih kuat pada data yang telah dikelompokkan menggunakan metode pengklasteran dibandingkan dengan data yang dikelompokkan secara kasarPengaruh aktivitas matahari relatif lebih kuat pada daerah klaster II dan pola II disebabkan oleh posisinya yang berada. di bagian tengah Indonesia sehingga pengaruh dari El Niño Southern Oscillation (ENSO) di Samudera Pasifik serta fenomena Indian Ocean Dipole (IOD) di Samudera Hindia menjadi melemah. Pengaruh aktivitas matahari yang kuat pada klaster I dan pola I untuk bulan-bulan tertentu terkait dengan posisi relatif matahari.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: outgoing longwave radiation (OLR), aktivitas matahari
Subjects: Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan > Sains Antariksa > Matahari dan Astrofisika
Divisions: LAPAN > Deputi Sains Antariksa Dan Atmosfer > Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer
Depositing User: - Aullya -
Date Deposited: 11 Oct 2023 07:23
Last Modified: 11 Oct 2023 07:23
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/20095

Actions (login required)

View Item
View Item