Analisis daerah potensi banjir di Indonesia berbasis penginderaan jauh

Any Zubaidah and Indah Prasasti (2012) Analisis daerah potensi banjir di Indonesia berbasis penginderaan jauh. In: Seminar Nasional Sains Atmosfer & Antariksa 2012: Memperkuat Sains Atmosfer dan Antariksa serta Teknologinya untuk mendukung Kemandirian Kedirgantaraan Nasional, 27 November 2012, Puspitek Serpong.

[thumbnail of Prosiding_Any_LAPAN_2012.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Any_LAPAN_2012.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Banjir merupakan salah satu bencana alam yang hampir selalu terjadi pada setiap musim penghujan. Metode pemantauan untuk daerah berpotensi banjir dikembangkan dengan memanfaatkan data penginderaan jauh MTSAT-IR. Data tersebut diintegrasikan dengan peta genangan banjir. Penelitian ini memiliki dua tujuan. Pertama, dimaksudkan untuk menganalisis pola sebaran daerah berpotensi banjir berdasarkan pantauan data MTSAT-IR selama tahun 2010-2011. Yang kedua, dimaksudkan untuk mendapatkan tingkat ketepatan informasi potensi banjir di beberapa lokasi kejadian banjir tahun 2011. Hasil analisis data MTSAT-IR menyimpulkan bahwa pola sebaran wilayah yang terdeteksi berpotensi banjir mengikuti pola curah hujan yang ada dan tengah berlangsung di Indonesia. Keragamannya dipengaruhi oleh kondisi cuaca di masing-masing wilayah Indonesia. Informasi daerah berpotensi banjir yang diturunkan dari data MTSAT-IR cukup baik dan mempunyai tingkat ketepatan 79.03%.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Penginderaan Jauh, MTSAT-IR, Curah Hujan, Banjir.
Subjects: Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Peringatan Dini, Mitigasi, dan Penanganan Bencana
Taksonomi LAPAN > Teknologi Penginderaan Jauh > Penelitian, Pengkajian, dan Pengembangan > Pemanfaatan Penginderaan Jauh > Pengolahan Data
Divisions: LAPAN
Depositing User: - Aullya -
Date Deposited: 02 Oct 2023 01:31
Last Modified: 02 Oct 2023 01:31
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/19929

Actions (login required)

View Item
View Item