Jaringan pengamatan terpadu sains atmosfer menggunakan VPN IP

Rizal Suryana and Wendi Harjupa and Ori Novanda (2010) Jaringan pengamatan terpadu sains atmosfer menggunakan VPN IP. In: "Seminar Nasional Sains Atmosfer 2010" Kontribusi Sains Atmosfer dalam menghadapi Perubahan Iklim Indonesia, 16 Juni 2010, Bandung.

[thumbnail of Prosiding_Rizal_LAPAN_2010.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Rizal_LAPAN_2010.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

LAPAN Bandung memiliki 6 stasiun pengamatan dirgantara yang berada di pulau jawa, sumatra, kalimantan dan papua, dimana pengamatan atmosfer dilakukan pada stasiun pengamat dirgantara tersebut. Data hasil pengamatan tidak langsung dikirim ke data center LAPAN Bandung, hal ini disebabkan belum terintegrasinya jaringan yang berada di masing-masing stasiun pengamat dirgantara dengan LAPAN Bandung. Proses pengiriman data dari stasiun pengamat dirgantara ke LAPAN Bandung dan manajemen data dibutuhkan suatu saran dan teknologi pendukung. Satelit merupakan sebuah teknologi komunikasi yang dapat menghubukan antara satu node dengan pusat node dan dapat menjangkau seluruh wilayah suatu negara. Pengiriman data melalui jaringan publik komunikasi satelit atau jaringan internet diperlukan sebuah privasi/keamanan data, untuk menjaga kemanan data dalam proses pengiriman menggunakan jaringan Virtual Private Network (VPN) sebagai tulang punggung jaringan antara LAPAN Bandung sebagai pusat dengan seluruh stasiun pengamat dirgantara sebagai cabang. Jaringan pengamatan atmosfer untuk seluruh stasiun pengamatan dirgantara secara terpadu dapat dibentuk dengan menggunakan jaringan VPN IP melalui komunikasi satelit dan data hasil pengamatan terkirim ke data center secara otomatis baik realtime maupun near relatime.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Data Center, Jaringan Komputer, VPN IP
Subjects: Taksonomi LAPAN > Teknologi Informasi dan Komunikasi > Keamanan Informasi
Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan > Sains Teknologi Atmosfer > Teknologi Pengamatan Atmosfer
Divisions: LAPAN
Depositing User: - Aullya -
Date Deposited: 01 Oct 2023 23:46
Last Modified: 01 Oct 2023 23:46
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/19891

Actions (login required)

View Item
View Item