Pemodelan korona matahari global untuk prakiraan penampakannya saat gerhana matahari total

Johan Muhamad and A. Gunawan Admiranto (2016) Pemodelan korona matahari global untuk prakiraan penampakannya saat gerhana matahari total. In: "Seminar Nasional Antariksa 2015" Sains Antariksa untuk Indonesia Maju dan Mandiri, Bandung, 22 November 2015, Auditorium Pusat Sains Antariksa LAPAN.

[thumbnail of Prosiding_Johan_LAPAN_2016.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Johan_LAPAN_2016.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Gerhana Matahari Total (GMT) dapat menyingkap penampakan korona Matahari dari permukaan Bumi. Sebagai pengejawantahan dari struktur medan magnet di atmosfer Matahari, bentuk korona sangat dipengaruhi oleh medan magnet di permukaan Matahari. Pada penelitian ini, kami membuat ulang secara teoretis medan magnet di korona pada dua peristiwa GMT, 29 Maret 2006 dan 13 November 2012, berdasarkan data medan magnet global di permukaan Matahari dengan model Potential Field Source Surface (PFSS)Informasi medan magnet global di permukaan Matahari diperoleh dari data magnetogram sinoptik sebelum terjadi GMTDua penampakan korona pada dua GMT pada periode aktivitas Matahari yang berbeda tersebut dibandingkan untuk melihat perbedaan karakteristik korona Matahari dan akurasi pemodelanHasil pemodelan memperlihatkan bahwa model PFSS dapat menghasilkan fitur korona secara umum, terutama loop penghasil helmet streamer besar yang dihasilkan oleh medan magnet tertutup raksasa di MatahariDengan membandingkan medan magnet korona hasil pemodelan dan pengamatan GMT, disimpulkan bahwa penampakan korona pada GMT yang akan datang dapat diprakirakan sebelum GMT tersebut terjadi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Gerhana Matahari Total, Korona, Magnetogram, Medan magnet, Pemodelan, PFSS
Subjects: Astronomy & Astrophysics
Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan > Sains Antariksa > Matahari dan Astrofisika
Divisions: LAPAN > Deputi Sains Antariksa Dan Atmosfer > Pusat Sains Antariksa
Depositing User: - Aullya -
Date Deposited: 22 Sep 2023 09:01
Last Modified: 22 Sep 2023 09:01
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/19573

Actions (login required)

View Item
View Item