Identifikasi dan perbedaan siang malam terhadap Ozon (O3) dan sulfur dioksida (SO2) di Semarang

Tati Budiwati and Sumaryati and Dyah Aries Tanti and Asri Indrawati (2016) Identifikasi dan perbedaan siang malam terhadap Ozon (O3) dan sulfur dioksida (SO2) di Semarang. In: "Seminar Nasional Antariksa 2015" Sains Antariksa untuk Indonesia Maju dan Mandiri, Bandung, 22 November 2015, Auditorium Pusat Sains Antariksa LAPAN.

[thumbnail of Prosiding_Tuti_LAPAN_2016.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Tuti_LAPAN_2016.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pengukuran gas-gas Os dan SO, dilakukan di Semarang secara sampling dengan menggunakan passive samplerSampling dilakukan di empat lokasi yaitu pantai Marina, pusat kota di Mall Ciputra Simpang Lima, Pedurungan, dan daerah desa Banyumanik dari tanggal 4 sampai 6 Agustus 2015 untuk siang dan malam hariSelanjutnya 26 sampel gas Os dan 80 dianalisis di laboratorium Lembaga Penerbangan Dan Antariksa Nasional (LAPAN)Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh aktivitas matahari terhadap perubahan konsentrasi ozon dan sulfur dioksida. Hasil analisis memperlihatkan adanya pengaruh reaksi fotokimia karena matahari pada siang hari di Simpang Lima dan Banyumanik terhadap pembentukan Os dengan ratio sebesar 2,15 dan 2,10 dibandingkan lokasi lainnya. Ratio siang terhadap malam untuk SO: terbesar didapati di Simpang Lima dan Banyumanik sebesar 2,8 dan 2,6 sebagai indikasi adanya pengaruh aktivitas matahariPada tanggal 5 Agustus polutan yang diterima di kota Semarang untuk 24 jam ke belakang berasal dari sumber polutan di Jawa Tengah bagian tenggara. Berdasarkan back trajectory 196 jam atau 8 hari ke belakang terlihat pengaruh letusan gunung berapi Raung ke arah pulau Jawa. Konsentrasi rata-rata Os tertinggi sebesar 55,33+24,43µg/m³ terdapat di Banyumanik merupakan daerah yang hijau. Konsentrasi rata-rata SO; tertinggi sebesar 22,88+21,66µg/m³ terdapat di Simpang Lima berasal dari transportasi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: matahari, siang, malam, ozon, sulfur dioksida
Subjects: Astronomy & Astrophysics > Astrogeology
Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan > Sains Antariksa > Matahari dan Astrofisika
Divisions: LAPAN > Deputi Sains Antariksa Dan Atmosfer > Pusat Sains Antariksa
Depositing User: - Aullya -
Date Deposited: 20 Sep 2023 05:44
Last Modified: 20 Sep 2023 05:44
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/19524

Actions (login required)

View Item
View Item