Aplikasi metode Khabarova untuk memprediksi gangguan geomagnet

Mamat Ruhimat and Clara Yono Yatini and Anwar Santoso (2016) Aplikasi metode Khabarova untuk memprediksi gangguan geomagnet. In: "Seminar Nasional Antariksa 2015" Sains Antariksa untuk Indonesia Maju dan Mandiri, Bandung, 22 November 2015, Auditorium Pusat Sains Antariksa LAPAN.

[thumbnail of Prosiding_Mamat_LAPAN_2016.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Mamat_LAPAN_2016.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Gangguan geomagnet di lintang rendah dipantau dengan menggunakan indeks Dst. Indeks ini menggambarkan gangguan geomagnet yang ditimbulkan oleh arus cincin yang berkaitan dengan proses yang terjadi di magnetosfer. Angin surya yang mengalir membawa partikel bermuatanMedan magnet antarplanet di magnetosfer akan berinteraksi dengan medan geomagnet dan energi dari angin surya akan di transfer ke magnetosfer bagian dalam dan kemudian sampai di permukaan bumi. Prediksi gangguan geomagnet agak sulit dilakukan karena sangat dipengaruhi oleh kondisi angin surya dan medan magnet antarplanetKhabarova telah mengembangkan metode untuk menghitung nilai dari gangguan geomagnet dengan menggunakan parameter kerapatan partikel angin surya dan medan magnet antarplanet. Untuk menguji seberapa efektif metode yang dikembangkan oleh Khabarova dalam prakiraan gangguan geomagnet yang akan terjadi dilakukan analisis statistik terhadap data indeks DstIndeks Dst ini diperoleh dari OMNI dataGoddart Space Flight Center, NASA dari tahun 2008 sampai dengan tahun 2012 untuk 28 kejadian badai geomagnetHasil analisis menunjukkan rata-rata simpangannya adalah 16 % dan dapat memprakirakan gangguan geomagnet 14 jam kedepan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Gangguan geomagnet, angin surya, medan magnet antarplanet, magnetosfer
Subjects: Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan > Sains Antariksa > Magnetosfer dan Lingkungan Antariksa
Divisions: LAPAN > Deputi Sains Antariksa Dan Atmosfer > Pusat Sains Antariksa
Depositing User: - Aullya -
Date Deposited: 17 Sep 2023 07:58
Last Modified: 17 Sep 2023 07:58
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/19429

Actions (login required)

View Item
View Item