Metode pengolahan data Pulsa MagnetPc5 terkait pertubasi angin surya di lintang rendah

Setyanto Cahyo Pranoto and Alamta Singarimbun and Wahyu Srigutomo (2018) Metode pengolahan data Pulsa MagnetPc5 terkait pertubasi angin surya di lintang rendah. In: "Seminar Nasional Antariksa 2017" Sains Antariksa untuk Indonesia Maju dan Mandiri, 22 November 2017, Bandung.

[thumbnail of Prosiding_Setyanto_LAPAN_2018.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Setyanto_LAPAN_2018.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Manifestasi lain dan interaksi plasma angin surya dengan magnetosfer bumi adalah tereksitasinya gelombang plasma frekuensi rendah ultra low frequency (ULF) dikenal sebagai pulsa magnet Observasi pulsa magnet Pe5 dengan rentang periode 150- 600 detik akibat pertubasi angin surya di lintang rendah saat ini tidak banyak dieksplorasi Dalam makalah ini dibahas secara singkat metode pengolahan data dan analisis pulsa magnet Pe5 di lintang rendah dari data pengamatan magnetometer stasiun Pontianak (PTN)Parepare (PRP) dan Jayapura (JYP yang berlokasi di sekitar ekuator Pengolahan data dilakukan untuk kondisi medan magnet saat hari terganggu dan hari tenang. Hasil yang diperoleh menunjukkan amplitudo komponen H pada siang hari lebih tinggi dari malam hari serta adanya peningkatan amplitudo terkait dengan pertubasi angin surya.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: pulsa magnet, pertubasi angin surya, magnetometer
Subjects: Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan > Sains Antariksa > Magnetosfer dan Lingkungan Antariksa
Divisions: LAPAN
Depositing User: - Aullya -
Date Deposited: 12 Sep 2023 10:07
Last Modified: 12 Sep 2023 10:07
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/19287

Actions (login required)

View Item
View Item