Model struktur interior β Centauri A

Ni Putu Audita Placida Emas and Muhammad Bayu Saputra and Hakim Luthfi Malasan (2018) Model struktur interior β Centauri A. In: Sains Antariksa untuk Indonesia Maju dan Mandiri, 22 November 2017, Bandung.

[thumbnail of Prosiding_Ni Putu_LAPAN_2018.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Ni Putu_LAPAN_2018.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

β Centauri merupakan sistcm tiga bintang yang berada di rasi Centaurus. Centauri terdiri dari ß Centauri A dan B dengan Centauri A adalah sistem bintang ganda (Aa dan Ab) dengan periode orbit yang panjang (—356 hari) dan eksentrik. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah struktur sistem ganda Centauri A pada umur 14,1 juta tahun dan mengasumsikan tidak ada interaksi antara kedua bintang ketika di periastron. Pemodelan struktur ßCentauri A menggunakan Window To The Stars (WITS) yang merupakan user interface dari kode TWIN untuk memodelkan evolusi bintang. Hasil pengolahan data menggunakan wens berupa jejak evolusi bintang dan diekstrak berdasarkan umur sistem Centauri. Parameter masukan yang digunakan adalah massa, metalisitas, rasio miring length, dan spin kedua bintang. Dari hasil komputasi diperoleh bahwa bintang Centauri Aa dan Ab memiliki struktur internal yang hampir sama dengan masih melakukan pembakaran nuklir hidrogen menjadi helium di pusatnya melalui siklus CNO. Pembakaran nuklir juga dapat dilihat dari produksi neutrino pada radius O — Daerah konveksi dapat ditemukan di radius 0—1.0 RO dan di dekat perrnukaan. Penelitian lanjutan dapat meninjau kemungkinan interaksi Saat kedua bintang di periastron dan adanya pengaruh dari bintang ketiga dalam dinamika sistemnya.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Struktur bintang, bintang ganda, WTTS, TWIN
Subjects: Astronomy & Astrophysics
Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan > Sains Antariksa > Matahari dan Astrofisika
Divisions: LAPAN
Depositing User: - Aullya -
Date Deposited: 31 Aug 2023 10:17
Last Modified: 31 Aug 2023 10:17
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/19110

Actions (login required)

View Item
View Item