Faktor-faktor yang berhubungan dengan kesulitan makan persisten pada anak usia prasekolah

Andri Yulianto and Mella Dwi Novitasari and Desi Arimadiyanti and Wahyu Widayati (2022) Faktor-faktor yang berhubungan dengan kesulitan makan persisten pada anak usia prasekolah. Holistik: Jurnal Kesehatan, 16 (3): 6. pp. 244-254. ISSN 1978-3337

[thumbnail of Jurnal_Andri Yulianto_Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung_2022-6.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Andri Yulianto_Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung_2022-6.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview

Abstract

Kesulitan makan persisten disebut sebagai feeding problem sebagai ketidakmauan anak untuk mengkonsumsi, menolak, dan memilih makanan yang dihidangkan. Tujuan: untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kesulitan makan persisten pada anak usia prasekolah
Metode: Penelitian observasional analitik dengan pendekatan cros sectional, teknik sampling yang digunakan yaitu total sampling dengan jumlah sampel yaitu 40 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan analisis statistik mengunakan Chis-quare. Hasil: didapatkan anak prasekolah yang mengalami kesulitan makan persisten sebanyak 15 responden (37,5%) sedangkan tidak mengalami kesulitan makan persisten sebanyak 26 responden (62,5%). Tidak ada hubungan antara pendidikan ibu dengan kesulitan makan pada anak prasekolah (4-6 tahun) p-value= 0.159 >α (0,05). Ada hubungan antara status ekonomi keluarga dengan kesulitan makan pada anak prasekolah (4-6 tahun) p-value= 0.017 <α (0,05). Simpulan: tidak ada hubungan pendidikan ibu dengan kesulitan makan persisten pada anak dan terdapat hubungan antara status ekonomi keluarga dengan kesulitan makan pada anak prasekolah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Makanan, Kesulitan makan persisten, Anak prasekolah (4-6 Tahun)
Subjects: Medicine & Biology > Nutrition
Depositing User: - Elfrida Meryance Saragih
Date Deposited: 10 Jul 2023 04:38
Last Modified: 10 Jul 2023 07:28
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/19071

Actions (login required)

View Item
View Item